Sukses

Simak Cara Menerapkan Sikap Self Love Untuk Menjaga Kesehatan Mental

Kasih sayang dan cinta kasih kepada diri sendiri yang sering diabaikan seseorang ini juga erat kaitannya dengan kesehatan mental.

Liputan6.com, Jakarta - Self love atau kata lain dari mencintai diri sendiri adalah hal yang sangat penting dalam menikmati perjalanan hidup dan karier seseorang.

Mengutip dari Brain & Behavior Research Foundation, arti dari self love adalah apresiasi pada diri sendiri. Sel love masih sering kali menjadi topik pembicaraan di berbagai platform mesia sosial.

Kasih sayang dan cinta kasih kepada diri sendiri yang sering diabaikan seseorang ini juga erat kaitannya dengan kesehatan mental.

Cinta dan kasih sayang adalah kunci dari sebuah kesehatan mental, sekaligus juga dapat mengurangi resiko kecemasan hingga depresi.

Berikut bagaimana cara menerapkan self love dalam kehidupan sehari-hari:

Setop Mebandingkan

Membandingkan diri sebenarnya wajar, karena untuk meningkatkan nilai atau keterampilan, atau sebagai bentuk memotivasi diri. Banyak orang yang adalam hidupnya dididik untuk menjadi kompetitif dalam kehidupan.

Akan tetapi hal ini akan menjadi berbahaya jika kamu membandingkan diri dengan orang lain yang kemudian memicu kecemasan, atau malah membuat stress. Karenanya, penting untuk setop atau berhenti membandingkan diri dengan orang lain.

Fokuslah menerima diri seniri dan memperbaiki apa yang dapat dan mampu kamu perbaiki.

Jauhi Orang Toxic

Tidak semua orang dapat memberikan dampak atau energi yang positif dalam kehidupan kamu. Bahkan banyak orang sering kali membawa pengaruh yang lebih negative dan bersifat toxic pada dirimu.

Maka untuk kamu tetap bisa menerpakan self-love, jangan takut lagi untuk cut off atau menjauhi orang-orang yang bersifat toxic itu. Karen hal ini penting untuk dilakukan meki mungkin sulit untuk diterapkan.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pendapat Orang

Tidak perlu mempedulikan orang lain, karena kamu tidak dapat memenuhi semua keinginan orang lain, atau pun kamu tidak dapat membuat semua orang bahagia. Maka pilihlah kebahagiaanmu sendiri. Mempedulikan opini orang lain hanya akan membuang waktu dan hanya membuat kamu stress. Selain itu, hal tersebut akan menghambat atau memperlambat perjalnan seseorang untuk menemukan diri terbaiknya.

Percaya Diri

Banyak orang masih ragu pada kemampuan yang mereka miliki untuk melakukan sesuatu yang ingin mereka raih, atau yang mereka anggap benar. Padahal keraguan tersebut tentu perlu dikurangi sedikit demi sedikti.

Karena yang mengenal kamu adaalah diri kamu sendiri, yang tahu kemampuan dan potensi yang kamu miliki adalah dirimu sendiri. Maka penting untuk peracaya diri sendri, khususnya dalam mengambil keputusan.

Dahulukan Diri Sendiri

Mungkin hal ini terdengar egois bagi sebagian orang. Tapi yang perlu diketahui adalah bahwa tidak ada yang salah untuk mendahulukan diri sendiri.

Selama hal ini tidak merugikan orang lain. Baik secara emosional, maupun dalam kesehatan mental. Tapi jangan lupa untuk senantiasa berbuat baik, lebih-lebih kepada diri sendiri.

Hal tersebut bisa kamu lakukan dengan berbagai cara, mulai dari memaafkan diri ssendiri atas kesalahan di masa lalu, memberi hadiah kepada dir sendiri atau kerja keras yang dilakukan.

Kamu bisa berterima kasih terhadap diri sendiri karena sudah kuat sejauh ini. Itu adalah sejumlah cara yang bisa kamu lakukan untuk menerapkan self-love.

Perlu diingat bahwa kesehatan mental sama pentingnya dengan kesehatan fisik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.