Sukses

Banjir Landa 3 Kabupaten di Kalsel, Begini Dampaknya

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kalimantan Selatan merilis kebencanaan banjir akibat curah hujan di wilayah Kalsel pada Rabu, 15 Maret 2023

Liputan6.com, Banjarbaru - Kalimantan Selatan diguyur hujan dengan intensitas tinggi pada hari Rabu, 15 Maret 2023. Dilaporkan tiga daerah terdampak banjir.

Tiga daerah tersebut yakni Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Hulu Sungai Utara (HSU) dan Balangan. Kemudian beberapa wilayah di dua daerah, Kabupaten Banjar dan Barito Kuala masih mengalami genangan.

Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops-PB) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kalimantan Selatan merilis kebencanaan banjir akibat curah hujan di wilayah Kalsel.

Kepala BPBD Prov Kalsel, R Suria Fadliansyah melalui Manajer Pusdalops-PB, Ricky Ferdyanto menyebutkan ada beberapa laporan terkait situasi dan kondisi di wilayah Kalsel.

“Informasi pada tanggal 16 kemarin itu ada tiga daerah yang melaporkan banjir di wilayahnya, dua daerah dengan laporan masih ada genangan sedangkan lainnya dengan laporan aman terkendali,” sebut Ricky Ferdyanto, Jumat (17/3/2023).

Tiga daerah dimaksud dengan laporan banjir yakni Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Hulu Sungai Utara (HSU) dan Balangan.

 

 

Simak juga video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dampak Banjir

Berikut rumah warga yang terdampak, di Kabupaten HST sejumlah 1.340 unit rumah. Terdiri dari Empat kecamatan di antaranya, Haruyan 275 rumah, Desa Haruyan 135, Haruyan Seberang 125, dan Lokbuntar 15.

Kecamatan Batu Benawa 453 rumah, Desa Aluan Besar 360 dan Paya Besar 93. Kecamatan Barabai 412 rumah, Kelurahan Barabai Darat 120, Barabai Timur 160, Barabai Selatan 59, dan Barabai Utara 73. Sedangkan Kecamatan Pandawa 200 rumah di Desa Masiraan.

Kabupaten HSU, berdasarkan hasil rekapitulasi data sementara dampak banjir disebutkan secara keseluruhan ada 10 kecamatan, di antaranya Amuntai Selatan, Amuntai Tengah, Amuntai Utara, Babirik, Banjang, Haur Gading, Sungai Pandan, Sungai Tabukan, dan Danau Panggang. Sebanyak 4.582 rumah yang terdampak, terdiri dari 5.769 KK.

Sementara Kabupaten Balangan disebutkan ada 109 rumah, 143 KK, 425 jiwa yang terdampak. Kemudian akses jalan yang tidak bisa dilalui kendaraan kurang lebih 500 meter.

Sedangkan daerah dengan laporan masih ada genangan yakni Kabupaten Banjar di Enam kecamatan dan Kabupaten Barito Kuala di Kecamatan Jejangkit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.