Sukses

Mirip Kasti, Ini Gonde Permainan Tradisional Masyarakat Kalbar

Permainan ini dinamakan 'gonde' karena bola yang digunakan terbuat dari anyaman daun kelapa muda dan bentuknya seperti kubus.

Liputan6.com, Sambas - Gonde merupakan sebuah permainan yang sudah lama dikenal oleh masyarakat Kalimantan Barat, khususnya masyarakat Kecamatan Selakau, Kabupaten Sambas. Permainan ini mirip dengan permainan kasti dan softball yang banyak dimainkan di berbagai daerah lain.

Mengutip dari warisanbudaya.kemdikbud.go.id, kemunculan permainan ini di Kabupaten Sambas tidak diketahui secara pasti. Meski demikian, permainan ini memang sudah ada sejak lama dan masih dimainkan hingga sekarang.

Permainan ini dinamakan 'gonde' karena bola yang digunakan terbuat dari anyaman daun kelapa muda dan bentuknya seperti kubus. Permainan ini biasanya dimainkan secara perorangan.

Namun, beberapa masyarakat juga memainkan permainan ini secara beregu. Tentu saja dengan menyesuaikan jumlah anak yang akan bermain.

Cara bermainnya pun cukup sederhana, yaitu pemain diharuskan membentuk kelompok atau regu dengan melakukan hom-pim-pah. Kemudian, masing-masing kelompok menunjuk ketua kelompok.

Ketua kelompok juga bertugas melakukan undian untuk menentukan siapa yang pertama kali menjadi penjaga. Permainan tradisional ini sangat bagus untuk anak-anak.

Terlebih, saat ini sulit ditemukan permainan tradisional yang menyatukan anak-anak secara langsung karena keberadaan gadget atau gawai. Permainan ini bisa menjadi wadah rekreasi, melatih anak-anak untuk saling mematuhi aturan, dan dapat mengembangkan kecekatan gerak otot anak-anak.

Pada 2022, Museum Provinsi Kalimantan Barat mengangkat permainan gonde ke dalam salah satu materi lomba. Hal tersebut digelar saat Sepekan Festival Museum Kalbar 2022.

Penulis: Resla Aknaita Chak

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.