Sukses

Bak di Luar Negeri, 10 Destinasi Wisata Indonesia Ini Mirip di New Zealand

Berikut 10 destinasi wisata Indonesia mirip New Zealand

Liputan6.com, Yogyakarta - Indonesia memiliki beberapa destinasi wisata yang memiliki nuansa layaknya di New Zealand. Beberapa destinasi wisata Indonesia tersebut bahkan tersebar dari Sumatra hingga Papua.

New Zealand memang populer dengan keindahannya yang menyegarkan mata. Terdapat banyak perbukitan hijau, danau, dan pantai dengan air yang jernih. 

Tak kalah dengan New Zealand, Indonesia juga memiliki destinasi wisata serupa. Berikut 10 destinasi wisata Indonesia mirip New Zealand:

1. Bukit Holbung, Sumatra Utara 

Bagian utara Pulau Sumatra terdapat Bukit Holbung yang terletak di Pulau Samosir. Tempat ini merupakan sebuah perbukitan yang mengitari Danau Toba. Keindahan alamnya yang luar biasa ini membuat Bukit Holbung dianggap mirip dengan Milford Sound di New Zealand.

2. Danau Sentani, Papua

Danau Sentani merupakan destinasi wisata yang ada di Papua. Destinasi wisata ini memiliki kemiripan dengan Duder Regional Park yang ada di New Zealand. Selain danau, pengunjung juga akan disuguhkan pemandangan perbukitan hijau yang indah.

3. Gunung Merbabu, Jawa Tengah 

Gunung Merbabu terletak di tiga wilayah kabupaten, yakni Kabupaten Magelang, Kabupaten Semarang, dan Kabupaten Boyolali. Gunung ini memiliki perbukitan yang hijau dan asri. Beberapa orang menyebut, Gunung Merbabu mirip dengan Mount Kaukau di New Zeland. 

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kawah Putih, Jawa Barat

4. Kawah Putih, Jawa Barat 

Kawah Putih merupakan sebuah danau yang terbentuk dari letusan Gunung Patuha. Destinasi wisata yang terletak di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, ini mirip dengan Danau Rotorua di New Zealand.

5. Padang Mengatas, Sumatra Barat 

Padang Mengatas menyajikan hamparan padang rumput yang luas disertai dengan kehadiran berbagai hewan ternak. Destinasi wisata ini terletak di Mungo, Luak, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatra Barat.

Secara keseluruhan, destinasi wisata ini mirip dengan peternakan sapi di New Zealand. Hasil ternak negara tersebut juga diekspor ke berbagai negara, termasuk Indonesia. 

6. Bukit Manggala, Banyumas 

Tak hanya di pulau Sumatra, di Jawa juga terdapat destinasi wisata yang menyajikan hamparan padang rumput yang indah dan asri. Destinasi wisata tersebut bernama Bukit Manggala yang berada di Banyumas.

Pengunjung juga bisa melihat hewan ternak domba di tempat ini. Tak heran, jika Bukit Mangala sering disebut sebagai New Zeland versi Indonesia.

 

3 dari 3 halaman

Pantai Bwanna, Nusa Tenggara Timur

7. Pantai Bwanna, Nusa Tenggara Timur 

Pantai Bwanna di Desa Kahale, Kabupaten Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur (NTT), memiliki panorama alam indah yang mirip dengan Anaehata Beach di New Zaeland. Berkunjung ke pantai ini memungkinkan pengunjung untuk bermain pasir pantai yang masih putih dan bersih.

Selain itu, air pantainya pun sangat jernih. Terdapat juga tebing-tebing kokoh dan indah yang mengelilingi pantai ini.

8. Pantai Menganti, Jawa Tengah 

Pantai Meganti berlokasi di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Pantai ini sering disamakan dengan White Sands Beach yang berada di New Zealand.

Pasalnya, tempat ini memiliki panorama perbukitan hijau dengan lanskap garis pantai yang panjang. Untuk bisa menikmati keindahan pantai ini, pengunjung cukup membayar biaya masuk sebesar Rp20 ribu saja.

9. Pasih Uug, Bali 

Bali merupakan salah satu pulau di Indonesia yang populer dengan keindahan alamnya. Dari banyaknya destinasi wisata di Pulau Dewata, terdapat satu destinasi yang tak boleh dilewatkan, yakni Pasih Uug atau pantai yang rusak.

Pasih Uug berlokasi di Jalan Pasih Uug, Banjar Sompang, Nusa Penida, Klungkung, Bali. Pantai ini memiliki air yang jernih dengan berbagai batu karang yang terlihat dengan jelas.

Selain itu, terdapat perbukitan indah yang mengelilingi pantai ini. Tempat ini disebut memiliki kemiripan dengan Cathedral Cove di New Zaeland.

10. Pulau Lengkuas, Bangka Belitung 

Bangka Belitung memiliki Pulau Lengkuas dengan luas sekitar 1 hektare. Terdapar mercusuar setinggi 62 meter di tengah pulau ini.

Mercusuar tersebut merupakan peninggalan kolonial Belanda. Jika diperhatikan secara keseluruhan, pulau ini mirip dengan Castle Point Lighthouse di New Zealand.

Pulau ini terletak di sebelah utara Pantai Tanjung Kelayang, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung. Pulau Lengkuas merupakan satu dari ratusan pulau yang mengelilingi Pulau Belitung.

(Resla Aknaita Chak)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.