Sukses

Ketua PBNU Gus Yahya: NU Punya 2 Dimensi yang Harus Dipahami Seluruh Nahdliyin

Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Yahya Cholil Staquf mengatakan, NU mempunyai 2 dimensi yang harus dipahami oleh seluruh Nahdliyin, khususnya para pengurus.

Liputan6.com, Medan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Yahya Cholil Staquf mengatakan, NU mempunyai 2 dimensi yang harus dipahami oleh seluruh Nahdliyin, khususnya para pengurus.

Hal itu disampaikan Gus Yahya, panggilan akrab Yahya Cholil Staquf, saat menghadiri acara Pembukaan Pendidikan Dasar Pendidikan Kader Penggerak NU (PD-PKPNU) Sumut II, di Aula Madinatul Hujjaj Asrama Haji, Kota Medan, Selasa (7/3/2023).

Pertama, kata Gus Yahya, NU sebagai thoriqoh atau cara beragama, bukan yang dibuat-buat. Kedua, dimensi NU sebagai imarah.

"Artinya, satu bangunan sistem yang mengurus urusan orang banyak atau bisa dikatakan NU sebagai ulil amri layaknya pemerintah," kata Gus Yahya.

Pelatihan ini, lanjut Gus Yahya, menjadi semangat untuk mendorong seluruh kader NU agar berhikmat kepada masyarakat, kepada bangsa.

"Kita butuh orang-orang yang siap dan mampu berhikmat, orang-orang yang siap dan mampu bekerja, mampu menjalankan tugas sebagaimana mestinya. Itulah sebabnya kita selenggarakan pelatihan-pelatihan kader seperti yang akan kita jalankan ini," sebutnya.

"Kita buat sistem pelatihan kader secara berjenjang, dan jenjang yang paling bawah nantinya akan menjadi syarat untuk bisa dipilih sebagai pengurus Majelis Wakil Cabang NU," sambungnya.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Berproses di NU

Wakil Gubernur Sumut, Musa Rajekshah, yang juga Mustasyar PWNU Sumut, berharap PD-PKPNU ini bisa berjalan lancar dan seluruh peserta yang mengikuti pendidikan ini memiliki niat tulus untuk berproses di NU.

"Sehingga ke depan menjadi kader yang lebih baik, dan bisa berkontribusi lebih luas lagi untuk kemajuan bangsa," sebutnya.

Usai membuka PD-PKPNU, Wagub Sumut juga turut menghadiri acara silaturahmi PWNU Sumut dengan Gus Yahya di lokasi yang sama, Asrama Haji Medan.

3 dari 3 halaman

Disambut di Bandara Kualanamu

Sebelumnya, Wagub Sumut, Musa Rajekshah, bersama Kapolda Sumut, Irjen RZ Panca Putra Simanjuntak, menyambut kehadiran Ketua Umum PBNU, Yahya Cholil Staquf di Bandara Kualanamu, Deli Serdang.

Wagub, Kapolda, dan seluruh rombongan turut ikut bersama Gus Yahya, panggilan akrab Yahya Cholil Staquf menghadiri acara Pembukaan PD-PKPNU Sumut II, di Aula Madinatul Hujjaj Asrama Haji, Medan.

Turut hadir Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Marahalim Harahap beserta jajaran, serta Ketua Umum Gerakan Pemuda Ansor Sumut, Adlin Tambunan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.