Sukses

Dari Pelakor hingga Baper, Berikut 10 Istilah Kekinian yang Masuk KBBI

Sudah ada beberapa bahasa kekinian atau istilah kekinian yang terlebih dahulu masuk ke dalam entri KBBI.

Liputan6.com, Yogyakarta - Dewasa ini bahasa kekinian atau istilah kekinian menjadi lebih akrab terdengar di telinga, terlebih di berbagai platfrom sosial media, mulai dari ambyar, baper, cuan, santuy, hingga mager.

Baru-baru ini Kamus Besar Bahasa Indonsia (KBBI) memasukkan istilah "wibu" ke dalam entri baru perbahasaan Indonesia secara resmi. Namun rupanya selain wibu, sudah ada beberapa bahasa kekinian atau istilah kekinian yang terlebih dahulu masuk ke dalam entri KBBI.

Dikutip dari laman kbbi.kemdikbud.go.id, berikut istilah kekinian masuk KBBI.

1. Wibu

kini secara harfiah dalam KBBI, kata "Wibu" ternyata diartikan sebagai orang yang terobsesi dengan budaya dan gaya hidup orang Jepang. Istilah "wibu" dikaitkan dengan para penggemar anime Jepang di sosial media secara berlebihan.

2. Baper

KBBI mengartikan baper sebagai perasaan berlebihan atau sensitif dalam menanggapi suatu hal. Istilah "baper" kerap dikaitkan sebagai salah satu konteks romansa atau konteks emosional lainnya.

Kata "baper" merupakan singkatan dari kata "bawa" dan "perasaan".

3. Julid

Dalam KBBI, kata "Julid" dapat diartikan sebagai perasaan iri dan dengki terhadap keberhasilan orang lain. Istilah kekinian ini biasanya dilakukan dengan menulis komentar, status, atau pendapat di media sosial yang bersifat menyudutkan orang/kelompok tertentu.

Sedangkan kata "Julid" seringkali dipakai untuk hal yang berkaitan dengan konflik dan cenderung berkonotasi negatif dalam media sosial.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ambyar

4. Ambyar

Kata "ambyar" dalam KBBI dapat diartikan sebagai sesuatu yang bercerai-berai; berpisah-pisah dan tidak terkonsentrasi lagi. Istilah kekinian ini kembali digunakan oleh netizen saat lagu yang dipopulerkan oleh Maestro Campursari Didi Kempot kembali viral.

5. Cuan

Kata Cuan barangkali sering diasosiasikan terhadap konten yang berkaitan dengan bisnis atau ekonomi. Dalam KBBI, "cuan" diartikan sebagai "untung".

6. Pelakor

Dalam KBBI, kata ini didefinisikan sebagai sebutan untuk perempuan yang menggoda dan merebut suami orang atau dapat disebut juga "Selingkuhan". Kata "Pelakor" merupakan singkatan dari "Perebut Laki Orang".

7. Mager

Kata "Mager" dalam KBBI didefinisikan sebagai bentuk yang lebih singkat dari "Malas" dan "Bergerak". Dengan kata lain, mager dapat diartikan sebagai keadaan seseorang yang enggan melakukan aktivitas atau malas.

8. Caper

Istilah "Caper" tentu sudah tidak asing dalam kehidupan sehari-hari. Kata ini sering diarahkan kepada orang dengan kepribadian "Narsistik".

Kata Caper ternyata juga sudah ada di dalam KBBI dan diartikan sebagai sebuah singkatan dari kata "Cari" dan "Perhatian".

9. Mabar

Kata mabar dalam KBBI sendiri merupakan bentuk singkat dari "Main" dan "Bareng". Kata "Mabar" seringkali digunakan sebagai ajakan untuk bermain bersama.

10. Santuy

Kata "Santuy" dalam KBBI secara harfiah dapat diartikan sebagai bentuk lain dari kata "Santai". Kata "Santai" dalam KBBI dapat diartikan sebagai perasaan bebas dan senggang dari rasa ketegangan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.