Sukses

Kala Ganjar Pranowo dan Syekh Zikmal Fuad Berdiskusi hingga Berbagi Cerita di Langkat

Ganjar Pranowo sowan ke kediaman Tuan Guru Babussalam Besilam, Syekh Zikmal Fuad Mursyid, di Kecamatan Padang Tualang, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara (Sumut).

Liputan6.com, Langkat Ganjar Pranowo sowan ke kediaman Tuan Guru Babussalam Besilam, Syekh Zikmal Fuad Mursyid, di Kecamatan Padang Tualang, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara (Sumut).

Ganjar disambut langsung Syekh Zikmal Fuad, Tuan Guru ke-12 dari Tuan Guru pertama, Syekh Abdul Wahab Rokan, mursyid Tarekat Naqsyabandiyah Khalidiyah di Riau dan Sumatera Timur pada abad ke-19 hingga awal abad ke-20.

"Beliau dari Riau, tahun 1800-an masuk ke sini menyebarkan agama. Beliau masih muda, penerus ke-12 dari Syekh Abdul Wahab Rokan. Ini tempat yang sangat bersejarah," kata Ganjar usai silaturahmi pada Minggu (5/3/2023).

Kampung Babussalam Besilam di Kabupaten Langkat dibentuk pada 1883 oleh Syekh Abdul Wahab Rokan, di atas tanah wakaf seluas 131,5 hektare dari Raja Musa.

Sejak saat itu, Syekh Abdul Wahab Rokan memulai menyebarkan agama Islam di sana dan memiliki banyak jemaah.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Diskusi dan Berbagi Cerita

Dalam silaturahmi itu, Ganjar Pranowo berdiskusi dan saling berbagi cerita dengan Syekh Zikmal Fuad. Keduanya tampak bertukar pikiran dan pengalaman terkait bidangnya masing-masing.

Ganjar bercerita mulai dari pengalamannya menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) hingga menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah selama 2 periode.

Sementara Syekh Zikmal Fuad menyampaikan pengalamannya menimba ilmu. Menurut Ganjar, Syekh Zikmal Fuad merupakan Tuan Guru berusia muda yang intelektual, dan layak dijadikan inspirasi.

"Beliau sangat intelektual, banyak menimba ilmu di UIN, kemudian di IAIN, terus di IKIP, lalu ke Malaysia. Sekarang mengajar kemana-mana," jelas Ganjar.

"Buat kami yang pertama adalah silaturahminya. Kedua bisa mendengar cerita sejarah perkembangan Islam yang ada di sini. Beliau menjadi satu tokoh yang sangat dihormati. Banyak belajar saya," lanjut Ganjar.

3 dari 3 halaman

Doa Dimudahkan Emban Tugas

Syekh Zikmal Fuad berterima kasih atas silaturahmi yang dilakukan Ganjar Pranowo, dan mendoakan pria berambut putih itu selalu diberikan kesehatan serta dimudahkan dalam mengemban tugas sebaga pemimpin.

Tuan Guru Babussalam Besilam memiliki peran penting dalam syiar agama Islam, khususnya Tarekat Naqsyabandiyah Khalidiyah. Banyak tokoh bangsa yang pernah bersilaturahmi ke Besilam, antara lain Presiden ke-4 RI, Abdurrahman Wahid (Gus Dur).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.