Sukses

Tips Ampuh Kendalikan Diri Agar Tidak Mudah Marah

Jika seseorang tidak bisa mengendalikan marah dan emosinya, maka akan berdampak negatif bagi diri sendiri

Liputan6.com, Jakarta - Perasaan emosi atau marah adalah sebuah reaksi yang dimunculkan oleh tubuh ketika seseorang sedang merasa kecewa sedih bahkan tidak nyaman.

Memiliki rasa marah adalah hal yang normal tejadi pada setiap orang yang emosi. Ketika marah, seseorang biasanya tidak bisa berfikir panjang.

Kadang seseorang meluapkan emosi tersebut dengan berkata atau bertingkah kasar. Jika seseorang tidak bisa mengendalikan marah dan emosinya, maka akan berdampak negatif bagi diri sendiri.

Bahkan, seseorang bisa dijauhi oleh orang lain karena dianggap mudah marah. Rasa bersalah dan penyesalan pun kemudian dialami setelah marah itu mereda.

Lalu apa yang harus dilakukan ketika gejolak emosi ini datang. Berikut tips ampuh agar seseorang tidak mudah marah:

Refleksi Diri

Ketika kamu sedang marah dan ingin meluapkan emosi itu kepada hal yang kurang baik. Hendaklah kamu duduk dan coba untuk melihat dan mengevaluasi diri.

Memangnya kalau kamu marah-marah akan seperti apa dampaknya? Apakah masalahnya selesai? Lalu apasih yang bisa kamu lakukan?

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Komunikasi Asertif

Komunikasi secara asertif yaitu komunikasi dengan penyampaian secara terbuka serta tetap menjaga rasa hormat kepada orang lain, lakukan dengan tegas dan tetap tenang.

Ubah Posisi

Jika kamu sedang ingin marah, usahakan untuk tidak langsung mengambil tindakan. Coba dulu untuk merubah posisi kamu.

Misalnya ketika tadi kamu berdiri maka rubah menjadi duduk, atau mungkin bisa berhenti saat sedang melakukan aktifitas. Supaya emosi dan kamu bisa lebih tenang.

Berproses sedikit demi sedikit, kalau memang dirasa masih susah, bukan berarti itu tidakbisa. Wajar dan memang butuh proses.

Penulis: Nila Amalia Putri

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.