Sukses

Pesona Pura Ulun Danu Beratan, Sajikan Keindahan Pura Mengambang di Atas Danau

Pesona Pura yang terletak di tepi Danau Beratan ini dikenal sangat memukau.

Liputan6.com, Bali - Pura Ulun Danu Beratan merupakan salah satu tempat wisata populer yang wajib disambangi saat berlibur di Bali. Pura Ulun Danu merupakan salah satu pura yang populer di kalangan wisatawan di Bali.

Pura ini berada di Danau Beratan, Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali. Pesona Pura yang terletak di tepi Danau Beratan ini dikenal sangat memukau.

Dikutip dari laman resminya ulundanuberatan.com, sejarah Pura Ulun Danu Beratan dibangun pada tahun 1634 oleh I Gusti Agung Putu. Fungsinya sebagai tempat pemujaan Tri Murti (Brahma, Wisnu dan Siwa).

Pendirian Pura Ulun Danu Beratan Bedugul tercantum dalam kisah yang terdapat dalam Lontar Babad Mengwi. Dalam lontar itu disebutkan bahwa pendiri Pura Ulun Danu Beratan Bedugul adalah I Gusti Agung Putu.

Pura Ulun Danu didirikan pada tahun 1556 Saka (1634 Masehi). Pura-pura Ulun Danu Beratan Bedugul dipelihara oleh empat" satakan" dari desa-desa disekitar pura ini.

Satakan tersebut terdiri dari satakan Candi Kuning dengan wilayah lima bendesa adat. Antara lain, satakan Bangah dengan wilayah tiga bendesa adat, satakan Antapan dengan wilayah empat bendesa adat, dan Baturiti dengan wilayah enam bendesa adat.

Tak hanya sebagai tempat beribadah, keindahan lokasi pura juga menjadi daya tarik wisata. Saya tarik dari pura ini adalah keindahan lokasi pura yang dikelilingi perbukitan dan danau.

Serta lokasinya yang ada di dataran tinggi membuat udara di sini terasa sejuk sepanjang hari. Wisata Bali Pura Ulun Danu pernah menjadi gambar dalam mata uang Rp 50 ribu tahun edisi tahun 2016.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ilusi Pura Mengapung

Jika air danau sedang naik, wisatawan dapat melihat ilusi seolah pura mengapung di danau. Tak hanya berswafoto dengan latar pemadangan yang ciamik, wisatawan juga dapat mengelilingi danau menggunakan boat dari ujung ke ujung.

Sopir boat juga dapat mengajari pengunjung untuk mengemudikan kapal boat. Selain memiliki keindahan alam, Pura Ulun Danu Beratan Bedugul juga menjadi pusat kegiatan ritual masyarakat sekitar, yakni Melasti.

Upacara Melasti adalah upacara membersihkan "pratima" (benda suci yang disakralkan) untuk mengawali perayaan Hari Suci Nyepi Tahun Baru Saka yang digelar setiap tahun. Kegiatan ini juga menarik bagi wisatawan.

Pada upacara tersebut ada sekelompk penabuh irama "bleganjur" yang menyertai umat Hindu dalam mengusung "pratima" dari sejumlah desa adat (pekraman) di sekitarnya. Terkadang untuk menghibur wisatawan, pengelola juga menggelar tari kecak.

Untuk menikmati keindahan Pura Ulun Danu Beratan Bedugul, wisatawan domestik akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp30.000 dan wisatawan mancanegara sebesar Rp70.000. Sedangkan, wisatawan yang ingin memberikan makan ikan dan berfoto akan dikenai tarif sebesar Rp10.000.

Jam Buka Pura Ulun Danu Beratan buka mulai pukul 08.00-18.00 Wita.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.