Sukses

Liburan Seru ke Monkey Forest Ubud, Wisata Bali yang Atraktif dan Sakral

Monkey Forest Ubud menjadi rumah bagi seribu lebih monyet ekor panjang Bali atau Macaca Fascicularis

Liputan6.com, Bali - Mandala Suci Wenara Wana atau dikenal sebagai Monkey Forest Ubud merupakan salah satu destinasi wisata populer di Bali. Tempat wisata ini berada 24 km dari Kota Denpasar, atau satu jam perjalanan menggunakan mobil.

Dikutip dari laman resminya ubudmonkeyforest.com, Monkey Forest Ubud menjadi rumah bagi seribu lebih monyet ekor panjang Bali atau Macaca Fascicularis. Kawanan monyet tersebut terbagi menjadi tujuh kelompok yang menempati beberapa kawasan berbeda dalam hutan ini.

Tak hanya sebagai tempat wisata Bali yang menarik, Wenara Wana ini juga dianggap sebagai hutan suci. Ribuan monyet tersebut bebas berkeliaran tanpa sekat atau pun kandang.

Para wisatawan dapat dengan bebas berinteraksi dengan para monyet ini. Di dalam hutan ini lah, para monyet ekor panjang ini dirawat dan dihormati.

Mereka dianggap menjadi bagian spiritual dari pura yang berada di kawasan ini. Para monyet ekor panjang dianggap senagai manifestsi dari Hanoman yang tersohor.

Monkey Forest Ubud memiliki luas 27 hektar, berbentuk hutan yang lebat yang dibelah beberapa jalan setapak yang berliku. Terdapat beberapa patung yang disakralkan masyarakat setempat.

Tak ketinggalan ada 3 pura berberbeda di dalamnya. Monkey Forest Ubud merupakan lokasi pura yang berasal dari pertengahan abad ke-13.

Ketiganya adalah Pura Dalem Agung Padangtegal, Pura Beji dan Pura Prajapati. Tempat ini berlokasi di desa Padangtegal dan diatur oleh warga desa yang langsung bekerja di Monkey Forest Ubud.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Satwa Lain

Selain monyet, pepohonan di kawasan ini menawarkan perlindungan bagi sejumlah besar burung, kadal, tupai dan rusa. Monkey Forest Ubud tak sekadar atraksi wisata tetapi juga dianggap sebagai komponen penting dalam hal spiritual dan penopang ekonomi warga sekitar, serta tempat penelitian dan program konservasi.

Para wisatawan dapat melakukan beragam aktivitas menarik di tempat ini. Mulai dari mengunjungi pura-pura yang menarik dan bersejarah, berswafoto dengan para monyet, memberi makan para monyet, hingga belanja aneka cinderamata khas Bali.

Monkey Forest Ubud buka setiap hari, mulai pukul 09.00-18.00 WITA. Namun, perlu diingat layanan tiket masuk hanya dibuka hingga pukul 17.00 WITA.

Harga tiket masuk Monkey Forest Ubud untuk wisatawan domestik adalah Rp 60.000 untuk dewasa dan Rp 40.000 untuk anak. Sementara harga tiket masuk Monkey Forest Ubud bagi wisatawan mancanegara adalah Rp 80.000 untuk dewasa dan Rp 60.000 untuk anak.

Sedangkan untuk warga Bali akan mendapatkan harga khusus yakni Rp 30.000 untuk dewasa dan Rp 20.000 untuk anak-anak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.