Sukses

Yuk, Cari Tahu Frekuensi Olahraga yang Tepat!

Rajin olahraga dapat membantu memperkuat tulang, meningkatkan fleksibilitas dan kelincahan, mengurangi kenaikan berat badan dan meningkatkan kualitas tidur.

Liputan6.com, Jakarta - Menjaga kesehatan dan kebugaran memang perlu dilakukan dengan latihan fisik. Yang jadi pertanyaan adalah, kira-kira berapa lama frekuensi olahraga yang tepat untuk menjaga kebugaran? Cari tahu, yuk jawabannya.

Aktivitas fisik dapat mengurangi risiko penyakit serius, termasuk penyakit jantung, stroke, diabetes dan beberapa bentuk kanker, termasuk kanker paru -paru.

Rajin olahraga dapat membantu memperkuat tulang, meningkatkan fleksibilitas dan kelincahan, mengurangi kenaikan berat badan dan meningkatkan kualitas tidur.

Olahraga teratur juga baik untuk mengurangi perasaan cemas dan depresi, meningkatkan perhatian dan memori, dan mengurangi risiko demensia, termasuk penyakit Alzheimer.

Semua manfaat bisa didapatkan dari durasi latihan fisik yang kamu lakukan. Durasi biasanya mengacu pada waktu yang kamu habiskan untuk kardio dan latihan beban selama seminggu.

Kira-kira berapa ya frekuensi olahraga yang tepat? Berikut ulasannya seperti dikutip dari American Heart Association.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Frekuensi Olaraga untuk Kebugaran Jantung dan Paru-Paru

1. Dewasa

Dapatkan setidaknya 150 menit per minggu aktivitas aerobik intensitas sedang atau 75 menit per minggu aktivitas kardio yang kuat, atau kombinasi keduanya, lebih disukai tersebar sepanjang minggu.

Tambahkan aktivitas penguatan otot intensitas sedang hingga tinggi (seperti resistensi atau bobot) pada setidaknya 2 hari per minggu.

Dapatkan lebih banyak manfaat dengan menjadi aktif setidaknya 300 menit (5 jam) per minggu.

Tingkatkan jumlah dan intensitas secara bertahap dari waktu ke waktu.

2. Anak -anak

Anak-anak berusia 3-5 tahun harus aktif secara fisik dan memiliki banyak kesempatan untuk bergerak sepanjang hari.

Anak-anak berusia 6-17 tahun harus mendapatkan setidaknya 60 menit per hari aktivitas fisik intensitas sedang hingga kuat, sebagian besar aerobik.

Sertakan aktivitas intensitas kuat pada setidaknya 3 hari per minggu.

Termasuk aktivitas otot dan penguatan tulang (penurunan berat badan) pada setidaknya 3 hari per minggu.

Tingkatkan jumlah dan intensitas secara bertahap dari waktu ke waktu.

Itu dia frekuensi olahraga yang tepat dilakukan untuk mendapatkan kebugaran, termasuk kebugaran jantung dan paru-paru. Pastikan untuk rajin melakukan olahraga dan mengonsumsi makanan sehat untuk menjaga kebugaran, ya!

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.