Sukses

Kecelakaan Helikopter Kapolda Jambi, Tim SAR Siapkan Dokter

Kecelakaan Helikopter yang dialami Kapolda Jambi di tengah hutan Kerinci saat ini dikabarkan tengah dalam upaya evakuasi.

Liputan6.com, Bandung - Kecelakaan helikopter yang dialami Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono di tengah hutan Kerinci saat ini dikabarkan tengah dalam upaya evakuasi. Kapolri juga menyebutkan jika penumpang rombongan Kapolda Jambi selamat meski ada yang terluka.

Adapun kejadian yang terjadi pada Kapolda Jambi Iren Hartono beserta rombongannya tersebut terjadi di Bukit Muaro Emat, Kabupaten Kerinci. Helikopter Polri Super Bell 3001 tersebut harus mendarat darurat pada Minggu (19/02/2023).

Melansir dari Antara, tim SAR gabungan sendiri sudah mempersiapkan tenaga medis untuk evakuasi Helikopter tersebut salah satunya adalah Dokter Spesialis.

Adapun Kepala Rumah Sakit Bhayangkara Jambi Kombes Pol dr El Yandiko di Jambi mengatakan jika proses evakuasi akan mengirimkan empat dokter spesialis.

"Tim kesehatan ada empat orang, ada dokter bedah dan dokter anestesi," ujarnya.

Tim kesehatan tersebut tentunya untuk membantu proses evakuasi dari para penumpang helikopter agar bisa ditangani terlebih dahulu. Tim evakuasi sendiri telah menemukan lokasi tersebut pada Senin (20/02/2023) pukul 10.00 WIB.

Kronologi Kejadian

Kejadian tersebut terjadi ketika helikopter Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono tersebut terbang dari Bandara STS Jambi pukul 09.30 WIB ke Kerinci. Kabid Humas Polda Jambi Kombes Mulia Prianto mengatakan helikopter tersebut diperkirakan sampai selama 75 menit namun dikabarkan mendarat darurat.

Dugaan sementara penyebab dari kecelakaan Helikopter tersebut dikabarkan karena faktor dari cuaca. Saat itu diduga cuaca tengah berkabut dan juga turun hujan maka dari itu dugaan sementara Helikopter melakukan pendaratan darurat karena hal tersebut.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo juga mengatakan bilamana helikopter yang dikendarai oleh Kapolda Jambi tersebut sempat mengalami hilangnya kontak. Adapun penerbangan tersebut mempunyai tujuan untuk peresmian salah satu kantor Polri.

Dalam helikopter tersebut terdapat 8 penumpang yang terdiri dari Kapolda, Direktur, Staf, serta beberapa kru. Berikut identitasnya adalah Irjen Pol Rusdi Hartono (Kapolda Jambi), Kombes Pol Andri Ananta Yudhistira (Dir Reskrimun Polda Jambi), Kombes Pol Michael Mumbunan (Dir Polair Polda Jambi), Kompol Ayani (Koorpripim), Briptu Muhardi Aditya (ADC), AKP Ali Nurdin S Harahapp (Pilot), AKP Amos Freddy P Sitompul (Copilot), dan AIPDA Susilo (Mekanik).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.