Sukses

Dosen UII Ahmad Munasir yang Dilaporkan Hilang Terdeteksi Masuk AS via Boston

Pihak kampus Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta angkat bicara soal dosennya yang hilang usai kunjungan ke Norwegia.

Liputan6.com, - Pihak kampus Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta angkat bicara soal dosennya yang hilang usai kunjungan ke Norwegia. Rektor UII Fathul Wahid dalam keterangannya diterima di Yogyakarta, Minggu malam (19/2/2023) mengatakan, Ahmad Munasir Rafie Pratama (AMRP) yang dilaporkan hilang kontak setelah mengunjungi University of South-Eastern Norway (USN) di Norwegia terdeteksi masuk Amerika Serikat melalui Bandara Boston.

"Berdasarkan informasi yang diterima oleh keluarga melalui UII dari Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia (Kemlu RI), AMRP terdeteksi masuk Amerika Serikat melalui Bandara Boston pada 13 Februari 2023," katanya.

Temuan tersebut, kata dia, didasarkan pada data dari United States Customs and Border Protection (US CBP).

"UII dan keluarga menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada Kemlu RI dan semua jajaran di KBRI Oslo, KBRI Ankara, KJRI Istanbul, KJRI New York, PP Muhammadiyah, dan pihak lain yang tidak dapat kami sebut satu per satu, atas bantuan yang diberikan dalam upaya pelacakan AMRP," kata Fathul.

Namun demikian, Fathul menuturkan lokasi keberadaan Ahmad Munasir di Boston tidak diketahui secara pasti.

Menurut dia, UII belum mengetahui misi atau alasan mengapa Ahmad Munasir menuju Boston sekembalinya dari Oslo melalui Istanbul, dan tidak langsung ke Indonesia.

"Sampai saat ini, AMRP belum bisa dihubungi," ucap Fathul.

Ia berharap Ahmad Munasir segera menghubungi UII serta keluarga untuk mengabarkan lokasi serta keadaannya.

"UII juga berharap setelah misi di Boston selesai, AMRP dapat kembali ke Indonesia dalam keadaan sehat dan baik. Jika dibutuhkan bantuan pendampingan atau penjemputan, UII akan berkoordinasi dengan Kemlu RI dan/atau KJRI New York," kata Fathul Wahid.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hilang Usai Tugas Kampus di Norwegia

Sebelumnya, Ahmad Munasir melakukan perjalanan ke Oslo, Norwegia pada 4 Februari 2023 dalam rangka tugas kampus untuk mengikuti aktivitas mobilitas global di University of South-Eastern Norway (USN) di Norwegia.

Munasir seharusnya kembali 12 Februari melalui Istanbul dengan penerbangan Turkish Airlines dan mendarat di Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada Kamis (16/2) pukul 18.00 WIB.

Namun, Dosen Jurusan Informatika Fakultas Teknik Informatika UII itu dilaporkan hilang kontak setelah berkomunikasi terakhir dengan istrinya pada Minggu siang (12/2) dalam perjalanan pulangnya yang saat itu berada di Bandara Oslo.

3 dari 3 halaman

Fakta-Fakta

Berikut fakta-fakta soal dosen UII yang hilang di luar negeri:

  • Ahmad Munasir melakukan perjalanan ke Oslo, Norwegia pada 4 Februari 2023 dalam rangka tugas kampus untuk mengikuti aktivitas mobilitas global di University of South-Eastern Norway (USN) di Norwegia.
  • Rute penerbangannya adalah Oslo-Riyadh-Istanbul-Jakarta.
  • Saat di Riyadh Ahmad Munasir sempat memberikan pidato di sebuah konferensi internasional.
  • Dosen Jurusan Informatika Fakultas Teknik Informatika UII itu dilaporkan hilang kontak setelah berkomunikasi terakhir dengan istrinya pada Minggu siang (12/2/2023) dalam perjalanan pulangnya yang saat itu berada di Bandara Oslo. Yang bersangkutan tidak secara detail mengabarkan rute penerbangannya kepada kolega dan istri.
  • Munasir seharusnya kembali 12 Februari melalui Istanbul dengan penerbangan Turkish Airlines dan mendarat di Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada Kamis (16/2/2023) pukul 18.00 WIB. Pihak keluarga, yaitu adik Munasir, bahkan sudah menunggu kepulangannya di Bandara Soetta. Setelah konfirmasi ke pihak bandara, tak ada nama Ahmad Munasir dalam daftar penumpang.
  • Kasus hilang kontak Ahmad Munasir telah dilaporkan pihak keluarga ke Polda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Pihak keluarga, polisi, dan kampus hingga saat ini masih mencari keberadaan yang bersangkutan.
  • Pihak UII juga sudah menghubungi KBRI Norwegia dan Turki.
  • Kontak juga sudah dilakukan ke pihak Turkish Airline di Oslo untuk memastikan Ahmad Munasir naik pesawat.
  • Data dari United States Customs and Border Protection (US CBP) menyebut, Ahmad Munasir terdeteksi masuk AS via Boston.
  • Dari hasil jejak online, Ahmad Munasir terdeteksi ada jejak aktivitas yang bersangkutan di Turki. Setelah itu, tidak ada jejak online lain yang terdeteksi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini