Sukses

Butuh Makanan Berserat? 6 Makanan Ini Jawabannya

Makanan kaya serat banyak ditemukan dalam buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan kacang-kacangan. Makan-makanan inilah yang ampuh untuk mencegah atau meredakan sembelit.

Liputan6.com, Jakarta - Memiliki pencernaan yang sehat adalah impian semua orang. Salah satu untuk mewujudkan mimpi tersebut adalah dengan mengonsumsi makanan sehat. Yuk, tengok berbagai makanan kaya serat yang dapat mewujudkan pencernaan sehat.

Makanan kaya serat banyak ditemukan dalam buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan kacang-kacangan. Makan-makanan inilah yang ampuh untuk mencegah atau meredakan sembelit.

Mengonsumsi makanan kaya serat juga dapat memberikan manfaat lainnya, termasuk menjaga berat badan yang sehat dan menurunkan risiko diabetes, penyakit jantung, dan beberapa jenis kanker.

Mengutip Mayo Clinic, serat makanan diklasifikasikan menjadi dua, serat yang larut dalam air dan yang tidak larut.

Saat dikonsumsi, serat yang larut dalam air akan membentuk seperti gel. Serat ini dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan glukosa darah. Sementara serat tidak larut, berfungsi mendorong pergerakan bahan melalui sistem pencernaan dan meningkatkan jumlah tinja.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

6 Makanan Kaya Serat untuk Pencernaan

Makanan kaya serat bagus dikonsumsi oleh semua orang, termasuk bayi dan ibu hamil. Apalagi sembelit menjadi keluhan umum dari para ibu hamil.

Mengutip Institue of Medicine, orang wanita dewasa berusia 50 tahun atau lebih muda membutuhkan serat 25 gram setiap hari.

Berikut adalah makanan kaya serat untuk pencernaan, yang dilansir dari berbagai sumber.

1. Apel

Rasanya yang manis, berair dan renyah membuat apel jadi salah satu buah favorit banyak orang.

Buah ini menjadi camilan sehat yang dapat dikonsumsi setiap saat. Apalagi, dalam sebuah penelitian ditemukan bahwa buah apel dapat meningkatkan asupan serat.

2. Berry

Berry menjadi salah satu buah dengan kerabat yang cukup banyak. Selain itu, keluarga berry juga tercatat sebagai salah satu buah yang kaya antioksidan dan juga serat. Secangkir blueberry segar mengandung hampir 4 gram serat, dan jumlah serat yang hampir sama ada dalam secangkir blueberry beku tanpa pemanis.

Blackberry, stroberi, dan raspberry juga merupakan sumber serat yang bagus. Tentu saja, satu salah satu manfaat terbesar dari buah beri adalah mereka juga secara alami rendah kalori.

3. Brokoli

Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa 5 gram serat brokoli per cangkir dapat mendukung bakteri secara positif di dalam tubuh, yang dapat membantu usus tetap sehat dan seimbang.

Selain itu, sayuran yang satu ini pun cukup mudah diolah dan bisa jadi makanan renyah yang sehat.

3 dari 3 halaman

Selanjutnya

4. Kacang

Kacang bukan hanya sumber protein dan lemak sehat yang bagus. Beberapa jenis kacang bisa dijadikan sebagai camilan, sementara jenis lainnya bisa ditambahkan dalam beberapa menu masakan seperti sup, semur, dan salad.

5. Buah Kering

Makanan kaya serat lainnya yang bisa dikonsumsi setiap saat adalah buah-buahan kering, termasuk buah ara, plum dan kurma.

Mengonsumsi buah kering juga dapat meningkatkan asupan serat. Namun pastikan untuk tidak memakannya secara berlebihan ya, karena terlalu banyak mengonsumsi buah kering juga bisa menyebabkan kram dan diare.

6. Biji-bijian

Gandum dan jelai merupakan jenis bijian-bijian yang kaya akan serat. Tentu saja, mengonsumsi gandum secara rutin dapat membantu menyehatkan pencernaan. Selain itu, gandum juga bisa digunakan sebagai pengganti nasi.

Itu dia beberapa makanan kaya serat yang dapat membantu kesehatan pencernaan yang bisa Anda ketahui. Pastikan untuk mengonsumsinya secara rutin, ya!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.