Sukses

10 Fakta Suga BTS alias Agust D yang Bakal Konser di BSD

Suga akan memulai tour solo di Amerika Serikat pada 26 April 2023 mendatang. Kabar mendadak ini tentu saja menghebohkan warganet, apalagi ARMY Indonesia. Lantaran dia menjadikan Indonesia sebagai salah satu negara yang akan dia kunjungi.

Liputan6.com, Jakarta - Suga BTS dan Big Hit Music baru saja mengumumkan jadwal tour dunianya yang akan berlangsung mulai April 2023 nanti. Sebelumnya, yuk kenalan lebih jauh lagi tentang rapper BTS yang satu ini.

Suga akan memulai tour solo di Amerika Serikat pada 26 April 2023 mendatang. Kabar mendadak ini tentu saja menghebohkan warganet, apalagi ARMY Indonesia. Lantaran dia menjadikan Indonesia sebagai salah satu negara yang akan dia kunjungi.

Tidak tanggung-tanggung, Suga akan menggelar konsernya selama tiga hari di Indonesia Convention Exhibition (ICE BSD) pada 26 hingga 28 Mei 2023. Sementara di negara lain, rapper dengan nama asli Min Yoongi itu hanya menggelar konser selama satu hingga dua hari.

Jadwal tour itu muncul bertepatan dengan kemunculan Suga di live video Weverse pada Selasa (14/2/2023) malam. Namun saat menyapa para penggemarnya di seluruh dunia, Suga tidak menyebutkan soal rencana tour solonya. Dia baru mengunggah poster jadwal tour di akun Instagramnya beberapa menit setelah berpamitan.

Tour yang akan dilakukan Suga menjadi penampilan solo perdananya. Karena sejak debut pada 2013 lalu, Suga selalu tampil dalam grup. Dia hanya sempat tampil sekali dalam konser PSY Summer Swag pada 2022 lalu. Itu merupakan kali pertama Suga tampil tanpa RM, Jin, J-Hope, Jimin, V, dan Jungkook. 

Masih banyak beberapa fakta menarik lain tentang Suga BTS, yang bisa kamu ketahui. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

10 Fakta Menarik Suga BTS yang Wajib Kamu Ketahui

Sebelum memulai karirnya di industri musik, mimpi Suga sebagai musisi memang sempat tidak pernah direstui oleh orang tuanya.

Namun dengan usaha dan kerja kerasnya, Suga kini menjadi salah satu musisi berpengaruh di dunia. Siapa yang tidak bangga dengan hasil pencapaian tersebut? Nah berikut adalah beberapa fakta menarik lainnya tentang Suga BTS.

1. Suka Kerupuk Udang

Suga BTS adalah salah satu member yang hobi jajan. Eksplorasi kulinernya cukup luas. Meski mengaku bukan pemilih, namun diketahui dia sering memesan makanan halal di Korea.

Di salah satu acara, idol kelahiran 30 tahun lalu itu juga mengaku pernah makan kerupuk udang, rendang, dan gado-gado. Dan dia menyukainya.

2. Tsundere

Tsundere sebenarnya adalah bahasa Jepang yang mengacu pada orang yang terlihat cuek, tetapi sebenarnya penyayang. 

Julukan itu sering diberikan kepada Suga yang memang selalu terlihat cuek. Namun sebenarnya dia sangat perhatian.

Di salah satu episode BTS In The Soop musim pertama, dialah orang yang selalu mengingatkan Jimin untuk memakai sarung tangan saat Jimin sedang bermain kayu. 

Suga juga selalu mengiyakan ajakan Jin untuk memancing, meski sebenarnya dia tidak suka naik perahu. Dia mengaku melakukannya karena ingin menemani Jin.

3. Jago Masak

Ini sudah jadi rahasia umum kalau Suga adalah member BTS yang paling jago masak selain Jin. Keduanya memang selalu mendapat tugas masak di mana pun grup berkumpul.

4. Mengajari Jungkook Minum Alkohol

Suga selalu memperlihatkan rasa sayangnya pada Jungkook. Dia juga tak pernah marah, meski si maknae sering menjahilinya. Dan Suga juga yang mengajari Jungkook minum alkohol.

Di salah satu episode Bon Voyage, Suga mengajak Jungkook untuk pergi ke sebuah bar. Di sana, dia memesan minuman bernama Irish Boom, dan mengajari Jungkook cara meminumnya.

5. Pangsit Rebus

Banyak orang mengagumi Suga yang memiliki kulit putih seperti gula. Karena itu juga dia menggunakan nama Suga dalam grup BTS.

Namun ibunya, menganggap kulit putra bungsunya itu seperti pangsit rebus. Maka, ibunya memberikan julukan itu kepada Suga.

 

3 dari 3 halaman

Selanjutnya

6. Member Kedua

Suga adalah member tertua kedua setelah Kim Seokjin. Selain itu, dia juga member kedua yang bergabung dalam grup setelah RM. 

7. Jalani Operasi Pada Akhir 2020

Suga pernah mengalami cidera bahu saat masih menjadi trainee Big Hit. Kondisi itu terjadi akibat kecelakaan lalu lintas yang dialaminya.

Cidera bahu yang dialaminya itu kerap mengganggu performanya di atas panggung. Salah satunya adalah ketika BTS mengadakan konser online ON:E pada 2020 lalu. 

Suga tampak tidak bisa menggerakkan tangan kirinya selama beberapa saat. Menurutnya, saat itu tangannya sangat sakit sampai tidak bisa bergerak, namun dia tetap berusaha tampil maksimal.

Setelah konser, Suga kemudian dikabarkan melakukan operasi untuk mengatasi cideranya. Dia juga sempat tidak aktif selama beberapa bulan untuk pemulihan.

8. Dua Album

Di tengah proyeknya bersama BTS, Suga juga memiliki proyek solonya, dengan nama panggung Agust D.

Di proyek ini, Suga merilis album mixtape pertamanya berjudul Agust D pada 2016 lalu. Album ini berisi 10 lagu yang beberapa di antaranya merupakan kolaborasi dengan musisi lain.

Di tahun 2020 lalu, Suga kembali merilis album mixtape kedua berjudul D-2 dengan single Daechwita. Album ini juga berisi 10 lagu, termasuk lagu-lagu kolaborasinya.

9. Beri Kejutan Bersama PSY

Suga kerap melakukan kolaborasi dengan beberapa musisi, termasuk Suran, I.U, hingga musisi Amerika seperti mendiang Juice WRLD, MAX dan Halsey.

Terakhir dia memberi kejutan dengan melakukan kolaborasi bersama PSY lewat lagu That That. Selain itu, lewat lagu ini juga, Suga memberikan kejutan lain dengan ikut tampil di MV That That yang dirilis pada Mei 2022 lalu. 

10. Masuk Klub Saham 10 Miliar HYBE

 

Masing-masing member BTS diketahui memiliki saham di HYBE. Belakangan Suga, Jimin, V, dan Jungkook dilaporkan sama-sama memiliki 68.385 saham, dengan nilai 13,3 miliar won. Keempatnya mengikuti jejak J-Hope yang memiliki saham senilai 12,2 miliar won, RM dengan saham sebesar 11,3 miliar won, dan Jin yang juga memiliki saham sebesar 10,2 miliar won. 

Itu dia fakta-fakta yang bisa kamu ketahui tentang Suga BTS yang akan segera mampir ke Indonesia Mei 2023 nanti. Pastikan untuk tidak melewatkan konser solonya, ya!

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.