Sukses

Jangan Takut Santap Santan, Ini 7 Makanan Penurun Kolesterol yang Jadi Penawarnya

Untuk meminimalkan dampak buruk kolesterol, kamu bisa mengombinasikan menu hidangan bersantan dengan hidangan lainnya yang bisa berfungsi menurunkan kadar kolesterol.

Liputan6.com, Yogyakarta - Hidangan mengandung santan memiliki cita rasa gurih yang selalu berhasil memanjakan lidah. Sayangnya, kelezatan tersebut dapat memberikan dampak buruk pada tubuh.

Pasalnya, hidangan bersantan memiliki kandungan kolesterol yang tinggi. Untuk meminimalkan dampak buruk kolesterol, kamu bisa mengombinasikan menu hidangan bersantan dengan hidangan lainnya yang bisa berfungsi menurunkan kadar kolesterol.

Berikut tujuh makanan yang bisa menjadi penurun kolesterol.

1. Produk Soya

Makanan penurun kolesterol yang pertama adalah produk soya. Produk soya seperti susu kedelai, tahu, dan tempe terbukti mampu menurunkan kadar kolesterol. Dalam sebuah studi, ditemukan bukti mengonsumsi protein soya sebanyak minimal 15 gram per hari bisa menurunkan 6% kadar kolesterol dalam tubuh.

2. Buah-buahan Kaya Antioksidan

Buah-buahan yang kaya antioksidan juga mampu menurunkan kolesterol. Buah-buahan kaya antioksidan seperti apel, anggur, pir, stroberi, dan alpukat juga kaya akan serat. Serat dan polifenol yang terkandung dalam buah-buahan mampu menurunkan kadar lemak dan kolesterol secara alami.

3. Biji Wijen

Selain protein soya dan buah-buahan kaya antioksidan, biji wijen juga mampu membantu tubuh membakar lemak lebih cepat. Biji wijen mengandung antioksidan sesamin yang memiliki kekuatan untuk menurunkan tekanan darah dan memproses lebih banyak alkohol yang akan mencegah mabuk.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kacang-kacangan

4. Kacang-kacangan

Selanjutnya adalah kacang-kacangan, seperti almond dan kacang mete. Kacang-kacangan bisa menjadi pilihan camilan yang tepat untuk membantu menurunkan kadar kolesterol.

Sebuah riset yang dipublikasikan American Journal of Clinicak Nutrition menemukan konsumsi kacang-kacangan selama enam hari penuh dalam satu minggu bisa menurunkan kadar kolesterol sebanyak 5,4% dan LDL 9,3%.

5. Teh

Sudah sejak lama teh dikenal berkhasiat untuk kesehatan karena kandungan antioksidannya. Ternyata, teh juga terbukti bisa menurunkan kadar kolesterol.

Berdasarkan riset yang silakukan di Amerika, teh hitam bisa menurunkan lemak darah hingga 10% dalam waktu tiga minggu.

6. Bawang Putih

Bawang putih ternyata juga bisa membantu menurunkan kadar kolesterol. Selain itu, bawang putih juga bisa mencegah penyumbatan pembuluh darah, menurunkan tekanan darah, dan melindungi tubuh dari infeksi.

7. Minyak Zaitun

Minyak zaitun bisa menurunkan kadar kolesterol LDL. Kamu bisa menggunakan minyak zaitun sebagai saus salad, membumbui ayam dan ikan, atau memanggang sayuran.

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.