Sukses

Jokowi: Butuh Keberanian Mengubah Wajah Kota Medan

Kehadiran Presiden Joko Widodo atau Jokowi pada kegiatan Car Free Day (CFD) di kawasan Lapangan Merdeka Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut), Minggu (12/2/2023), membuat warga yang hadir terkejut.

Liputan6.com, Medan Kehadiran Presiden Joko Widodo atau Jokowi pada kegiatan Car Free Day (CFD) di kawasan Lapangan Merdeka Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut), Minggu (12/2/2023), membuat warga yang hadir terkejut.

Jokowi didampingi Wali Kota Medan, Bobby Nasution, Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi, beserta unsur Forkopimda Sumut dan Kota Medan, tiba di lokasi CFD mengendarai sepeda. Warga langsung menghentikan kegiatan olahraga dan mengeluarkan ponsel masing-masing.

Jokowi beserta rombongan bersepeda mengelilingi sejumlah ruas jalan. Setelah tiba di Lapangan Merdeka Medan, Jokowi beserta rombongan berjalan kaki di seputaran lapangan yang pada masa pemerintahan Kolonial Belanda bernama de Esplanade dan kini tengah proses revitalisasi.

Setelah melakukan pengamatan, Jokowi mengatakan, kegiatan bersepeda yang dilakukannya pagi ini bersama Bobby Nasution beserta unsur Forkopimda untuk melihat penataan kota yang kini tengah dilakukan, termasuk revitalisasi Lapangan Merdeka Medan.

Diakui Jokowi, akan terlihat perubahan besar pada wajah kota terbesar ketiga di Indonesia usai penataan dilakukan.

"Mungkin dalam kurun waktu setahun dua tahun ini akan terjadi perubahan besar di Kota Medan. Revitalisasi Lapangan Merdeka, penataan kawasan Kesawan, nanti akan dapat menjadi Landmark Kota Medan," ucap Jokowi optimis.

Jokowi juga mengungkapkan, mengubah wajah kota menjadi lebih signifikan memang dibutuhkan keberanian, khususnya di Kota Medan. Sebab, banyak pro kontra yang akan muncul dari kebijakan yang dilakukan tersebut.

"Pasti ada yang mau, tidak mau. Apalagi, keberadaannya mungkin ada yang milik BUMN, milik swasta, dan juga pribadi. Saya kira, yang sulit mengintegrasikannya. Tapi, saya melihat sudah dimulai pengerjaannya, dan ini sangat bagus," sebutnya.

**Liputan6.com bersama BAZNAS bekerja sama membangun solidaritas dengan mengajak masyarakat Indonesia bersedekah untuk korban gempa Cianjur melalui transfer ke rekening:

1. BSI 900.0055.740 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

2. BCA 686.073.7777 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jadi Motivasi

Wali Kota Medan, Bobby Nasution, mengaku kedatangan Presiden Jokowi ke wilayah yang dipimpinnya menjadi motivasi bagi seluruh jajaran Pemko Medan untuk bekerja lebih baik, terutama dalam penataan kota yang kini tengah dilakukan.

"Alhamdulillah, kami bersyukur dengan kedatangan Pak Presiden di Kota Medan. Mudah-mudahan ini jadi semangat kita bersama, termasuk masyarakat untuk membawa dan menjadikan Kota Medan lebih baik," Bobby Nasution menuturkan.

3 dari 3 halaman

Warga Merasa Surprise

Seorang warga yang sedang berolahraga di CFD, Nirwan, merasa tidak menyangka ada Presiden Jokowi. Hampir setiap minggu pagi dirinya bersama istri berolahraga ke CFD, baru ini momen yang sangat luar biasa karena adanya Presiden Jokowi.

"Saya tidak menyangka Presiden Jokowi datang ke Medan hadir ke CFD, luar biasa sekali," ujarnya.

Nirwan mengaku, awalnya berolahraga jalan santai mengelilingi Lapangan Merdeka Medan sejak pukul 06.00 WIB. Tiba-tiba melihat ada suasana ramai dan ada Paspampres, ternyata ada Presiden Jokowi bersama Gubernur Sumut beserta Wali Kota Medan.

"Kita surprise, enggak nyangka presiden kita hadir di tengah CFD," ucapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.