Sukses

Pertunjukan Antar-etnis Meriahkan Perayaan Cap Go Meh di Padang

Liputan6.com, Padang - Perayaan Cap Go Meh di Kota Padang, Sumatera Barat pada Minggu (5/2/2023) dimeriahkan oleh berbagai pertunjukan seni dan budaya antar etnis.

Meski diguyur hujan, puncak perayaan Cap Go Meh di kota ini tetap meriah. Ribuan warga tetap memenuhi lokasi atraksi budaya yang digelar di Bawah Jembatan Siti Nurbaya.

Keberagaman begitu kentara dalam puncak perayaan Cap Go Meh di Padang tahun ini, setelah dua tahun berturut-turut ditiadakan akibat Covid-19.

Salah satu atraksi antar etnis yakni pertunjukan randai, kemudian dilanjutkan dengan atraksi wushu dari etnis Tionghoa, yang diiringi dengan alat musik gendang china, tambur, dan talempong yang dimainkan anak-anak muda dari antar etnis.

 

Selain pertunjukan silat dan wushu, perayaan Cap Go Meh juga dimeriahkan dengan pertunjukan marching band dari IPDN, arak-arakan Kio dan arak-arakan Sipasan.

Arak-arakan sipasan dilakukan dengan membawa tandu yang menyerupai hewan berkepala seperti lipan tetapi memiliki ekor naga.

Tandu yang terbilang besar itu nantinya dipukul orang-orang dewasa. Sedangkan puluhan anak-anak duduk berderetan di tandu.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Keberagaman

Wakil Gubernur Sumatera Barat, Audy Joinaldi mengatakan kirab budaya dalam perayaan Cap Go Meh ini adalah bukti bahwa masyarakat Sumbar menjunjung tinggi nilai-nilai toleransi.

"Kita bisa lihat penontonnya bukan hanya etnis Tionghoa, semua masyarakat berbaur," ujarnya, Minggu (5/2/2023).

Audy menyebut tahun depan pertunjukan seni dan budaya ini lebih besar lagi dan memikat banyak pengunjung.

Sementara Penasehat Panitia Festival Cap Go Meh, Albert Hendra Lukman menyampaikan perayaan Cap Go Meh ini merupakan kirba budaya dan juga kesenian dan tak ada unsur agama di dalamnya.

"Iya sebagai penarik wisatawan juga sehingga menggerakkan roda perekonomian," ujar Albert.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.