Sukses

Tak Hanya pada 14 Februari, 9 Negara Ini Punya Tradisi Valentine Sendiri 

Berikut ragam tradisi unik untuk merayakan Hari Valentine di berbagai negara

Liputan6.com, Yogyakarta - Setiap 14 Februari, hampir semua orang di dunia merayakan Hari Valentine dengan memberikan bunga hingga cokelat kepada orang tercinta. Hal ini telah menjadi tradisi Valentine yang banyak dilakukan di berbagai negara.

Namun, ternyata tidak semua negara merayakan Hari Kasih Sayang ini. Beberapa negara memiliki tradisi tersendiri untuk merayakan 14 Februari.

Berikut ragam tradisi unik untuk merayakan Hari Valentine di berbagai negara:

1. Argentina

Berbeda dengan kebanyakan orang, masyarakat Argentina tidak merayakan Hari Valentine di bulan Februari. Mereka merayakan 'Minggu Manis' setiap tahunnya pada bulan Juli.

Pada bulan tersebut, sepasang kekasih akan berciuman dan menerima berbagai hadiah, seperti cokelat, permen, dan lainnya. Awalnya, hal tersebut merupakan kepentingan komersial, tetapi kemudian berubah menjadi tradisi Valentine.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Brazil

2. Brazil

Brazil merayakan Hari Kasih Sayang yang disebut dengan 'Dia dos Namorados' setiap 12 Juni. Sementara itu, pada hari berikutnya mereka merayakan Hari Santo Antonius, santo pelindung pernikahan.

Para wanita lajang biasanya melakukan ritual yang dikenal sebagai simpatias. Harapannya agar mereka segera menemukan seseorang dan menikah.

3. Ghana

Bukan sebagai Hari Valentine, masyarakat Ghana menyebut 14 Februari sebagai Hari Cokelat Nasional. Setiap orang akan merayakannya dengan berbagai kegiatan, seperti menghadiri pertunjukan, datang ke acara musik, hingga menikmati sajian menu bertema hari spesial tersebut di restoran.

Hal ini merupakan langkah yang diambil Pemerintah Ghana pada 2007 lalu. Tujuannya untuk meningkatkan pariwisata di negara tersebut. Seperti yang diketahui, Ghana merupakan salah satu negara penghasil kakao terbesar di dunia.

4. Jepang

Berbeda dengan tradisi Hari Valentine yang biasanya identik dengan memanjakan pasangan wanita, Hari Valentine di Jepang justru dilakukan sebaliknya. Para wanita di Jepang akan memanjakan para pria di Hari Valentine dengan memberikan hadiah dan cokelat.

Selanjutnya, para pria juga memiliki hari tersendiri untuk membalas kasih sayang para wanita. Dikenal sebagai White Day, para pria akan melakukan balas budi kepada para wanita setiap 14 Maret.

5. Korea Selatan

Pasangan di Korea Selatan tak hanya merayakan Hari Kasih Sayang setiap 14 Februari. Mereka akan merayakan hari tersebut pada tanggal 14 setiap bulannya.

Pada bulan Mei, perayaan tersebut dijuluki Hari Mawar, sedangkan pada bulan Juni disebut dengan Hari Berciuman. Sementara itu, Hari Berpelukan dirayakan setiap Desember dan para lajang akan merayakan Hari Hitam pada April dengan menyantap mi hitam.

 

3 dari 3 halaman

Prancis

6. Prancis

Konon, Kartu Hari Valentine pertama kali dibuat dan berasal dari Prancis. Pada 1415, Duke of Orléans, Charles, yang berada di penjara mengirim surat cinta untuk istrinya.

Adapun perayaan Hari Valentine di Prancis dilalui dengan sangat romantis. Sepanjang 12-14 Februari, sebuah desa di Prancis akan diubah jadi lokasi yang sangat romantis.

Desa tersebut bahkan diberi nama Valentine. Desa Valentine akan menghadirkan prmandangan berupa halaman, pohon, dan rumah yang dihiasi kartu cinta, mawar, hingga lamaran pernikahan.

7. Rumania

Rumania merayakan Dragobete setiap 24 Februari. Perayaan tersebut juga dikenal sebagai Hari Burung-burung Bertunangan.

Perayaan tersebut merupakan campuran dari Hari Valentine dan perayaan musim semi. Para anak perempuan dan laki-laki akan pergi ke hutan untuk memetik bunga, sedangkan yang lainnya mencuci muka dengan salju untuk membawa kesehatan dan kebahagiaan.

8. Spanyol

Hari Kasih Sayang di Valencia, Spanyol, dirayakan setiap 9 Oktober. Perayaan ini dikenal sebagai pesta Santo Dionysus.

Festival ini dirayakan di sebagian besar wilayah Spanyol dengan membuat macadora, yakni patung marzipan. Patung-patung tersebut dibuat oleh para pria untuk diberikan kepada teman wanita mereka. Selain itu, juga ada parade warna-warni di jalanan desa-desa di Spanyol.

9. Wales 

Penduduk Wales merayakan Hari Valentine dengan cara yang unik. Negara ini merayakan hari kasih sayang pada 25 Januari yang disebut sebagai Hari San Dwynwen.

Pada hari tersebut, sepasang kekasih akan saling bertukar sendok kayu unik yang dibuat dengan kerajinan tangan indah. Konon, tradisi Valentine ini telah dipraktikkan sejak abad ke-16.

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.