Sukses

Canda Ridwan Kamil ke Edy Rahmayadi: Cocok Jadi Presiden, Sudah Putih-Putih, Ada Kerut

Liputan6.com, Medan Ada hal unik yang terjadi usai Gubernur Jawa Barat (Jabar), Ridwan Kamil, memberikan keterangan terkait kerja sama yang dijalin Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar dengan Pemprov Sumut, Selasa (31/1/2023).

Saat ditanya wartawan soal Capres dan Cawapres 2024, seraya bercanda, Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, mengatakan Gubernur Sumut, Edy rahmayadi, cocok menjadi Presiden Republik Indonesia.

"Pak Edy cocok jadi presiden. Sudah putih-putih, ada kerut-kerutnya," kata Ridwan Kamil sambil tertawa, di Rumah Dinas Gubernur Sumut, Jalan Jenderal Sudirman, Kota Medan.

Usai melontarkan candaan, mantan Wali Kota Bandung itu menegaskan, kunjungannya ke wilayah yang dipimpin Edy Rahmayadi tidak ada hubungan dengan politik.

Kunjungannya untuk menjalin kerja sama bidang perbankan, antara Bank Jawa Barat dan Banten (BJB) dengan Bank Sumut, serta mendorong kemandirian ekonomi pasantren yang ada di Sumut.

"Tidak ada misi partai, saya juga akan melepas rindu dengan komunitas Sunda di Medan," Kan emil mengungkapkan.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bawa 3 Poin

Sebelumnya, didampingi Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi, usai makan malam di Rumah Dinas Gubernur Sumut, Jalan Jenderal Sudirman, Kota Medan, Ridwan Kamil mengatakan ada 3 poin yang dibawanya.

Pertama, disampaikannya kepada Edy Rahmayadi, dalam 1 tahun bisa menghadirkan 1.000 bisnis di kalangan pesantren-pesantren di Provinsi Jabar. Dalam 5 tahun, sudah ada hampir 5.000 pebisnis.

"Kita akan melakukan kerja sama, sehingga pesantren-pesantren di Sumut bisa belajar membangun kemandirian ekonomi," ucapnya.

Kedua, lanjut Ridwan Kamil, pihaknya membawa program unggulan Bank BJB untuk duafa, yaitu bisa meminjam uang atau kredit tanpa agunan, hingga tanpa bunga.

"Sistem perbankan seperti ini bisa dicontoh Bank Sumut. Program ini bisa membantu duafa di Sumut," ucapnya.

Ketiga, sesuai dengan permintaan Gubernur Sumut, Edy Rahyamadi, Bank BJB diminta untuk berbagi ilmu dalam perkembangan perbankan secara kompetitif. Sebab, Bank BJB terbaik di daerah.

"Bisnis Bank BJB tumbuh 20 persen, memberikan dividen atau keuntungan Rp 1 triliun ke pemerintah daerah dan pemegang saham. Bisnis Bank BJB dikelola dengan baik, bisa dicontoh Bank Sumut," ungkapnya.

3 dari 3 halaman

Puji Bank BJB

Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi, memuji perkembangan Bank BJB di bawah kepemimpinan Gubernur Jabar, Ridwan Kamil. Menurutnya, kondisi Bank BJB akan menjadikan pembelajaran untuk Bank Sumut.

"Saya apresiasi saudara saya, Gubernur Jabar yang akan memberikan pengetahuan. Pertama kepada Bank Sumut, kedua kepada pemilik-pemilik pesantren di Sumut," tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.