Sukses

Pemprov Sumut dan Jabar Jalin Kerja Sama Bidang Perbankan, Ridwan Kamil Beberkan 3 Poin

Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprov Sumut) dan Pemprov Jawa Barat (Jabar) menjalin kerja sama di bidang perbankan, antara Bank Jawa Barat dan Banten (BJB) dengan Bank Sumut.

Liputan6.com, Medan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprov Sumut) dan Pemprov Jawa Barat (Jabar) menjalin kerja sama di bidang perbankan, antara Bank Jawa Barat dan Banten (BJB) dengan Bank Sumut.

Tidak hanya kerja sama Bank BJB dan Bank Sumut, kerja sama juga dijalin untuk mendorong pertumbuhan ekonomi hingga membangun Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) mandiri di pesantren yang ada di Sumut.

"Jadi, ada perwakilan dari Sumut datang ke Jabar meminta untuk ada pembelajaran, terutama dalam pengembangan perbankan untuk Bank Sumut belajar ke Bank BJB," kata Gubernur Jabar, Ridwan Kamil, didampingi Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi, di Rumah Dinas Gubernur Sumut, Jalan Jenderal Sudirman, Kota Medan, Selasa (31/1/2023).

Diungkapkan Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, ada 3 poin yang dibawanya untuk disampaikan ke Gubernur Sumut. Pertama, disampaikannya kepada Edy Rahmayadi, dalam 1 tahun bisa menghadirkan 1.000 bisnis di kalangan pesantren-pesantren di Provinsi Jabar.

"Lima tahun, ada hampir 5.000 pebisnis. Kita akan melakukan kerja sama itu, sehingga pesantren-pesantren di Sumut bisa belajar membangun kemandirian ekonomi seperti di Jawa Barat," ungkapnya.

**Liputan6.com bersama BAZNAS bekerja sama membangun solidaritas dengan mengajak masyarakat Indonesia bersedekah untuk korban gempa Cianjur melalui transfer ke rekening:

1. BSI 900.0055.740 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

2. BCA 686.073.7777 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Program Unggulan

Kedua, lanjut Ridwan Kamil, pihaknya membawa Bank BJB dengan program unggulan untuk duafa bisa meminjam uang atau kredit tanpa agunan, hingga tanpa bunga. Menurutnya, sistem perbankan seperti ini bisa dicontoh Bank Sumut.

"Program ini bisa membantu duafa di Sumut," ujarnya.

Ketiga, mantan Wali Kota Bandung itu menyebut, sesuai dengan permintaan Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi, meminta Bank BJB untuk berbagi ilmu dalam perkembangan perbankan secara kompetitif.

"Seperti diketahui, Bank BJB terbaik kalau di daerah. Tumbuh 20 persen, memberikan dividen (keuntungan) Rp 1 triliun ke pemerintah daerah dan pemegang saham," sebutnya.

"Artinya, bisnis Bank BJB dikelola dengan baik. Itu bisa dicontoh Bank Sumut yang merupakan bank milik Pemprov Sumut," sambung politisi Partai Golkar itu.

3 dari 4 halaman

Dijamu Makan Malam

Sebelumnya, Ridwan Kamil dijamu makan malam oleh Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi. Selain menjalin kerja sama dengan Pemprov Sumut, kedatangannya ke Kota Medan juga untuk bertemu warga sunda di Ibu Kota Provinsi Sumut.

"Saya kira, ini biasa kerja sama antardaerah, menguntungkan, membawa benefit kedua belah pihak, baik kami di Jabar maupun Sumut," ucapnya.

4 dari 4 halaman

Puji Bank BJB

Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi, memuji perkembangan Bank BJB di bawah kepemimpinan Gubernur Jabar, Ridwan Kamil. Diakuinya, Bank Sumut akan belajar kepada Bank BJB.

"Kondisi perekonomian, khususnya perbankan di Bank BJB ini akan menjadikan pembelajaran untuk Sumut," sebutnya.

Edy Rahmayadi mengapresiasi Ridwan Kamil yang mau berbagi ilmu ke Sumut atas perkembangan Bank BJB.

"Saya apresiasi saudara saya, Gubernur Jabar yang akan memberikan pengetahuan. Pertama kepada Bank Sumut, kedua kepada pemilik-pemilik pesantren di Sumut," tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.