Sukses

Heboh Kemunculan Buaya Sungai Siak Setelah Lama Tak Terlihat, Pertanda Apa?

Akhir pekan lalu, masyarakat Kota Pekanbaru heboh dengan kemunculan buaya di Sungai Siak yang sudah lama tak terlihat.

Liputan6.com, Pekanbaru - Akhir pekan lalu, masyarakat Kota Pekanbaru heboh dengan kemunculan buaya di Sungai Siak. Buaya belum diketahui jenisnya itu muncul di rumah panggung warga yang berada di pinggiran sungai.

Video kemunculan buaya Sungai Siak ini beredar di media sosial. Dalam video itu buaya berada di bawah rumah dan langsung pindah ketika mengetahui ada yang merekamnya di atas.

Informasi dirangkum, kemunculan buaya ini terjadi di sekitar Jalan Parit Belanda, Kelurahan Kampung Terendam, Kecamatan Rumbai Pesisir.

Plt Kepala Bidang II Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau Hartono menyebut buaya sudah lama tidak terlihat di Sungai Siak. Dengan kemunculan ini, dia menyebut ada suatu hal yang perlu diperhatikan masyarakat.

Salah satunya adalah pola kehidupan masyarakat di pinggir sungai. Masyarakat di sana diminta tidak lagi membuang sampah, sisa kotoran, atau bekas makanan ke sungai.

"Karena ini bisa mengundang kedatangan buaya," kata Hartono, Senin petang, 30 Januari 2023.

Hartono mengimbau masyarakat agar waspada dan berhati-hati ketika beraktivitas di lokasi tersebut. Selanjutnya, tidak melakukan tindakan anarkis yang bisa membahayakan manusia atau satwa.

"Kita perlu berbagi ruang dengan satwa liar yang ada di Riau, apalagi berdasarkan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1990, buaya termasuk satwa dilindungi," jelas Hartono.

 

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Buaya Besar

Berdasarkan video yang dilihat, Hartono menyimpulkan buaya itu sudah dewasa. Ukurannya antara 3 sampai 4 meter.

BBKSDA Riau juga menurunkan tim untuk mengecek lokasi. Selanjutnya akan memasang rambu-rambu sebagai peringatan bagi masyarakat pinggiran Sungai Siak.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.