Sukses

Gosong Senggora, Wisata Hidden Gem Eksotis di Kalimantan Tengah

Liputan6.com, Jakarta - Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) diketahui memiliki kawasan pesisir yang berpotensi menjadi objek wisata menawan. Pengunjung dapat merasakan sensasi berbeda ketika berwisata ke sini.

Objek wisata Kalimantan Tengah tersebut bernama Gosong Senggora. Wisata Bahari yang terletak di Kabupaten Kotawaringin Barat ini memiliki keindahan alam yang menarik untuk dieksplor.

Gosong Senggora sendiri merupakan sebutan untuk laut dangkal yang memiliki kedalaman antara 1 hingga 4 meter. Di wilayah tersebut juga terdapat gugusan pulau pulau kecil dengan pasir putih dan air laut jernih yang berwarna kebiruan.

Dengan luas sekitar 100 hektar, tempat wisata bahari ini masuk ke dalam kawasan konservasi nasional dan menyimpan berbagai jenis biota laut langka, seperti karang himerometra robustipinna dan rumput laut berdaun lebar atau lamun.

Tak hanya itu, pengunjung juga dapat melihat beragam ikan laut dan terumbu karang terbesar yang ada di Kalimantan Tengah, hingga keunikan ikan duyung atau ikan dugong, penyu, teripang, lola, dan kima. Maka sering kali, lokasi tersebut digunakan sebagai area berenang, snorkeling, diving bahkan memacing.

"Pantai dan airnya jernih banget cocok bagi para pencinta bahari," ujar Usman seorang wisatawan, Minggu (29/01/2023).

**Liputan6.com bersama BAZNAS bekerja sama membangun solidaritas dengan mengajak masyarakat Indonesia bersedekah untuk korban gempa Cianjur melalui transfer ke rekening:

1. BSI 900.0055.740 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)2. BCA 686.073.7777 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

Saksikan video pilihan berikut ini: 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rute

Untuk mencapai lokasi, pengunjung dapat menggunakan speed boat dari arah Pantai Kubu dan Pelabuhan Kumai yang memakan waktu sekitar 1,5 jam perjalanan. Sedangkan jika menggunakan perahu nelayan, perjalanan dapat memakan waktu hingga 3 jam.

Bagi pengunjung yang ingin bermalam di lokasi wisata tak perlu khawatir, karena kini sudah tersedia beberapa penginapan di dekat Pantai Kubu sebelum menyebrang ke Gosong Senggora dengan tarif yang bervariatif.

"Saya sih menginap, sekitar Rp 300 ribu permalam, tapi ada kok yang lebih murah semua tergantung fasiltas," tambah Usman.

Sekedar informasi, penetapan objek wisata ini sebagai kawasan konservasi dalam rangka melindungi dan memanfaatkan potensi perikanan serta melestarikan habitat penting yang dilindungi. Maka dari itu wisatawan yang berkunjung dapat menjaga lingkungan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.