Sukses

Promosi hingga Edukasi Produk Pertanian Karo Lewat Agro Expo

Liputan6.com, Karo Promosi produk pertanian Kabupaten Karo, Sumatera Utara (Sumut), terus dilakukan Yayasan Fajar Sejahtera Indonesia (Yafsi). Tujuannya, agar hasil pertanian para petani di Karo semakin dikenal dan diminati masyarakat luas.

Lewat Agro Expo, produk-produk pertanian para petani di Karo ditampilkan, meliputi hasil perkebunan yang ada di Desa Semangat, seperti sayur-mayur, buah-buahan, dan makanan olahan.

"Kegiatan ini juga merupakan sosialisasi, promosi, edukasi, dan pameran terhadap produk Kelompok Permata Desa Semangat, Kecamatan Merdeka, Kabupaten Karo," kata Ketua Yafsi, Badriyah, Sabtu (28/1/2023).

Dijelaskannya, Agro Expo merupakan bagian dari rangkaian kegiatan yang telah dilakukan Yafsi sejak Oktober 2022. Program ini diberi nama Pemberdayaan Perempuan dan Pemuda melalui Kelompok Tani untuk meningkatkan kesejahteraan petani, disingkat Permata.

"Program ini dilaksanakan di Desa Semangat, Kecamatan Merdeka, Kabupaten Karo, melalui dana pengabdian CSR dari PT Corteva Agriscience Manufacturing Indonesia 2022," jelasnya.

**Liputan6.com bersama BAZNAS bekerja sama membangun solidaritas dengan mengajak masyarakat Indonesia bersedekah untuk korban gempa Cianjur melalui transfer ke rekening:

1. BSI 900.0055.740 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

2. BCA 686.073.7777 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Berkontribusi Penting

Disebutkan Badriah, pertanian di Indonesia memiliki kontribusi penting terhadap peningkatan ekonomi, serta kebutuhan pokok masyarakat. Namun kenyatannya sebagian besar penduduk Indonesia masih belum sejahtera.

"Permasalahan ekonomi yang dihadapi masyarakat sangatlah beragam, tidak terkecuali dari kalangan perempuan atau ibu rumah tangga," sebutnya.

Program pertanian ini dilaksanakan dengan pemanfaatan lahan produktif dan non produktif, sebagai sumber pendapatan dan membangun model kelembagaan yang dapat membantu petani mengatasi masalah keuangan mereka.

"Tentunya, saya mengucapkan terima kasih kepada Corteva untuk program CSR ini, juga kepada para stakeholder yang mendukung Kelompok Tani Permata," ucapnya.

3 dari 3 halaman

Agenda Tahunan

Pimpinan Corteva Agriscience Manufacturing Indonesia, Jhon Situmeang mengatakan, pemberdayaan kelompok petani merupakan salah satu agenda tahunan yang diadakan bersama Yafsi dari hasil CSR.

Tahun ini, program pengabdian diberikan di Desa Semangat, Kecamatan Merdeka, kepada Kelompok Tani Permata yang dikelola Yafsi. Diharapkan tidak berhenti di sini, dan terus berkembang, membentuk kelompok-kelompok baru.

"Selain bercocok tanam, kita juga membekali Kelompok Tani Permata dengan kegiatan sosialisasi digital marketing dan penguatan kelompok," ungkapnya.

Pada kegiatan ini turut hadir Kadis Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Karo, Sarjana Purba, yang memberikan semangat dan dukungannya kepada Kelompok Petani Permata inisiasi Yafsi.

Hadir juga Camat Merdeka, Binaria Surbakti, Dinas Pertanian Kabupaten Karo, Dinas Pengendalian Penduduk, KB dan Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Kabupaten Karo, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Karo, dan Dinas Koperasi Kabupaten Karo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.