Sukses

Bir Jawa Yogyakarta, Minuman Ningrat yang Bikin Sehat

Bir jawa khas Yogyakarta diperkirakan muncul pada masa pemerintahan Sultan Hamengkubuwono VII.

Liputan6.com, Yogyakarta - Yogyakarta memiliki minuman tradisional yang terbuat dari aneka rempah pilihan. Minuman menyehatkan ini diberi julukan bir jawa.

Bir jawa khas Yogyakarta diperkirakan muncul pada masa pemerintahan Sultan Hamengkubuwono VII. Kehadiran minuman tradisional ini ternyata terinspirasi dari kebiasaan pasukan Belanda yang suka mengonsumsi bir.

Meskipun disebut 'bir', faktanya bir jawa ini sama sekali tidak mengandung alkohol, sehingga tidak memabukkan. Sebaliknya, minuman ini justru bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Bir jawa biasanya dikonsumsi oleh para kaum priyayi Keraton Yogyakarta untuk menghangatkan badan. Kemunculan bir jawa pada masa pemerintahan Sultan Hamengkubuwono VII terjadi ketika Sri Sultan sering melihat pasukan Belanda minum bir hingga mabuk.

Sri Sultan kemudian berniat meracik bir sendiri tanpa menggunakan alkohol. Akhirnya, terciptalah bir jawa yang dibuat dari berbagai rempah-rempah pilihan. Minuman tersebut kemudian menjadi minuman khas bagi para raja di Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat.

Adapun rempah-rempah yang digunakan berupa bunga cengkih, kayu manis, serutan kayu secang, jahe, kapulaga, daun serai, daun pandan, jeruk nipis, dan gula pasir atau gula batu. Semua bahan tersebut dicampur dalam air dan direbus hingga berwarna kemerahan. Selanjutnya dibubuhi dengan air perasan jeruk, es batu, dan dikocok hingga berbuih, layaknya bir.

Rasa bir jawa ini sebenarnya mirip dengan wedang uwuh atau wedang jahe. Perbedaannya terletak pada penambahan es batu dan adanya buih-buih yang membuat bir Jawa sangat mirip dengan bir pada umumnya.

Bir jawa mulanya berwarna merah. Agar warnanya lebih mirip dengan bir biasa, maka diberi tambahan jeruk nipis. Kini, bir jawa semakin populer dan dikenal hingga ke Jawa Tengah dan Jawa Timur. Bahkan, minuman tradisional ini telah ditetapkan sebagai Warisan Budaya Takbenda sejak 2022 lalu.

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.