Sukses

Pembobol Mesin ATM di Medan Dibekuk Polisi, Caranya Beraksi Bikin Geleng Kepala

Seroang pria berinisial SG berusia 41 tahun di Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut) ditangkap polisi karena ketahun melakukan upaya pembobolan mesin ATM atau Anjungan Tunai Mandiri, Minggu, 22 Januari 2023.

Liputan6.com, Medan Seroang pria berinisial SG berusia 41 tahun di Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut) ditangkap polisi karena ketahun melakukan upaya pembobolan mesin ATM atau Anjungan Tunai Mandiri, Minggu, 22 Januari 2023.

Aksi percobaan pembobolan mesin ATM yang dilakukan SG digagalkan Tim Patroli Reaksi Cepat (PRC) Dit Samapta Polda Sumut. Perisriwa terjadi di ATM BNI AKBID STIKES SENIOR di Jalan Jamin Ginting, Medan.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Polda Sumut, Kombes Pol Hadi Wahyudi mengatakan, aksi pembobolan mesin ATM berhasil digagalkan setelah adanya laporan dari seorang personel Dit Samapta Polda Sumut, Bripda Andre.

Diterangkan Hadi, ketahuannya aksi pelaku ketika Bripda Andre hendak mengambil uang di mesin ATM tersebut, namun dihalangi oleh seorang pria yang mengaku sebagai petugas vendor dengan alasan mesin dalam perbaikan.

"Saat itu, Bripda Andre merasa curiga dengan penjelasan pria yang belakangan diketahui sebagai pelaku yang tengah berupaya membobol mesin ATM," kata Hadi, Senin, 23 Januari 2023.

**Liputan6.com bersama BAZNAS bekerja sama membangun solidaritas dengan mengajak masyarakat Indonesia bersedekah untuk korban gempa Cianjur melalui transfer ke rekening:

1. BSI 900.0055.740 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

2. BCA 686.073.7777 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

CCTV Rusak

Masih kata Hadi, Bripda Andre semakin merasa curiga karena melihat pelaku menggunakan 1 buah besi mencongkel mesin ATM. Lalu, terlihat juga kamera pengawas CCTV di lokasi dalam keadaan rusak atau mati.

"Curiga dengan gerak gerik pelaku, Bripda Andre segera menghubungi Tim PRC Ditsamapta Polda Sumut yang sedang bertugas. Selanjutnya menangkap pelaku," terangnya.

Setelah ditangkap, dari tangan pelaku berhasil disita barang bukti berupa besi runcing, tang pemotong, isolasi berwarna hitam, dan 2 unit handphone.

"Pelaku sudah diserahkan ke Polsek Medan Tuntungan untuk dilakukan pendalaman oleh penyidik," Hadi menandaskan.

3 dari 4 halaman

Tips Aman Mengambil Uang di ATM

Terlepas dari upaya pembobolan mesin ATM yang dilakukan pria di Medan tersebut, ada baiknya kita harus waspada dan memahami cara-cara mengambil uang di ATM dengan benar.

Beberapa nasabah bank mungkin masih ada yang belum mengetahui cara mengambil uang di ATM. Di era saat ini, mengambil uang di ATM bahkan bisa tanpa kartu.

Lantas, bagaimana cara mengambil uang di ATM dengan atau tidak menggunakan kartu?

Sebelumnya, Anda perlu tahu dulu apa pengertian ATM. ATM adalah singkatan dari Automated Teller Machine. Dalam arti lain, ATM disebut pula Anjungan Tunai Mandiri.

Dengan mesin ATM, para nasabah bisa melakukan berbagai transaksi, seperti transfer, tarik tunai, cek saldo, melakukan pembayaran, dan sebagainya.

Mesin ATM terdiri dari beragam sesuai dengan jenis perusahaan bank yang ada. Misalnya, Bank Mandiri punya mesin ATM sendiri. Begitu pun dengan bank lain, seperti BCA, BRI, BNI, dan sebagainya.

Para nasabah memerlukan kartu dalam proses transaksi yang dilakukan di mesin ATM. Namun seiring perkembangan zaman, sebagian bank telah mempermudah nasabah dengan memberikan layanan mengambil uang di ATM tanpa kartu.

4 dari 4 halaman

Cara Mengambil Uang di ATM

Lengkapnya, berikut ini cara mengambil uang di ATM seperti rangkuman Liputan6.com.

1. Sebelum mengambil uang, pastikan posisi kartu tidak terbalik.

2. Masukkan kartu ke dalam mesin ATM sesuai tempat yang tersedia.

3. Lalu, pilih bahasa yang akan digunakan.

4. Lanjut masukkan pin ATM yang berjumlah 6 digit dengan benar. Perlu diperhatikan, bila Anda salah memasukkan pin sebanyak tiga kali, kartu ATM akan terblokir.

5. Bila pin benar, akan tampil beragam menu.

6. Pilih menu Tarik Tunai untuk mengambil uang.

7. Kemudian pilih jumlah yang akan diambil atau pilih opsi Penarikan Jumlah Lain untuk memasukkan nominal uang yang diambil sesuai keinginan.

8. Selanjutnya akan muncul konfirmasi penarikan uang.

9. Pilih Benar jika sesuai dan Salah bila ingin mengulang jumlah penarikan.

10. Bila memilih benar, tunggu mesin memproses transaksi.

11. Ambil uang serta bukti penarikan yang keluar dari mesin.

12. Lalu mesin akan menampilkan keterangan Apakah Ingin Melanjutkan Transaksi?.

13. Jika tidak ingin melanjutkan transaksi, pilih opsi Tidak.

14. Kartu ATM akan keluar dengan sendirinya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.