Sukses

Megawati Ulang Tahun ke-76 Tahun, Berikut Profil Singkatnya

Megawati Soekarnoputri saat ini telah menginjak usia 76 tahun (23/1/2023). Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) dan mantan Presiden Republik Indonesia ke-5 ini mendapatkan ucapan dari banyak orang. Seperti dari para pengurus pusat, daerah, dan seluruh kader dari PDIP di Indonesia turut memberikan ucapan dan doa kepadanya.

Liputan6.com, Bandung - Megawati Soekarnoputri saat ini telah menginjak usia 76 tahun (23/1/2023). Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) dan mantan Presiden Republik Indonesia ke-5 ini mendapatkan ucapan dari banyak orang. Seperti dari para pengurus pusat, daerah, dan seluruh kader dari PDIP di Indonesia turut memberikan ucapan dan doa kepadanya.

Pada HUT tahun ini Megawati tidak merayakan secara khusus dan beliau berkumpul dengan keluarga dan sahabat-sahabatnya. Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, Megawati tidak menggelar open house.

"Ibu Megawati Soekarnoputri tidak melakukan perayaan secara khusus dan beliau berkumpul bersama keluarga dan sahabat-sahabat beliau, sehingga tidak dilakukan open house," ujarnya Senin (23/01/2023).

Adapun melalui hari ulang tahun ini seluruh anggota dan kader PDI Perjuangan melaksanakan kegiatan merawat pertiwi yaitu penghijauan secara serentak di seluruh wilayah Indonesia.

"Partai akan menggelar gerakan penghijauan di Kota Bandung pada akhir pekan ini. Pencanangan program pembukaan Program Penghijauan Nasional telah dilaksanakan di Kota Bekasi pekan lalu," ujarnya.

Tak hanya itu, para kader partai juga membuat dapur umum di seluruh DPD dan DPC PDI Perjuangan se-Indonesia. Adapun dapur umum ini untuk menyediakan makanan mencegah stunting untuk yang membutuhkan.

"Hari ini seluruh kader Partai memberikan hadiah ulang tahun istimewa dengan membuka dapur umum di seluruh DPD dan DPC PDI Perjuangan se-Indonesia. Dapur umum dengan menyediakan makanan mencegah stunting untuk diberikan kepada masyarakat yang membutuhkan dan menjadi bagian keberpihakan Partai," kata Hasto.

Profil Megawati Soekarnoputri

Melansir dari kebudayan.kemdikbud.go.id, Megawati Soekarnoputri adalah seorang anak dari tokoh berjasa Indonesia yaitu Soekarno dan ibunya adalah Fatmawati. Megawati mempunyai nama lengkap Dyah Permata Megawati Setyawati Soekarnoputri dan lahir pada 23 Januari 1947 di Yogyakarta.

Megawati dibesarkan di lingkungan istana dan sering diajak oleh sang ayah untuk menyambut tamu-tamu negara. Adapun mengikuti jejak dari ayahnya tersebut Megawati juga turut berpartisipasi dalam politik.

Ia bahkan menjadi presiden kelima menggantikan KH Abdurrahman Wahid dan menjadi presiden pertama wanita di Indonesia sampai saat ini. Sebelum menjabat menjadi Presiden, ia merupakan Wakil Presiden ke-8 RI di bawah pemerintahan Abdurrahman Wahid.

Megawati sendiri berkarier dalam dunia politik sudah sejak 1986 dan saat itu ia menjadi anggota DPR. Meskipun merupakan anak dari tokoh penting di Indonesia Megawati juga mempunyai banyak sekali perjuangan ketika berkarier dalam dunia politiknya dan ia membuat Partai Demokrasi Indonesia (PDI) dan di tahun 1999 mengubah namanya menjadi PDI Perjuangan sampai saat ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.