Sukses

Bulan K3 Nasional, Jhonlin dan Arutmin Cetak Rekor Jam Kerja Tanpa Lost Time Injury

PT Jhonlin Baratama (JB) dan PT Arutmin Indonesia (AI) mencetak rekor 32.410.974 jam kerja tanpa lost time injury (LTI).

Liputan6.com, Tanah Bumbu - PT Jhonlin Baratama (JB) dan PT Arutmin Indonesia (AI) mencetak rekor 32.410.974 jam kerja tanpa lost time injury (LTI). Pemecahan rekor ditandai dengan upacara memperingati Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional Tahun 2023 di PIT Trembesi pada Rabu (18/1/2023).

“Selamat atas rekor yang diraih PT JB beserta subkontraktornya di PIT Trembesi di mana telah mencapai kinerja keselamatan kerja yang sangat luar biasa, yakni 32.410.974 jam kerja aman tanpa LTI,” kata Iwan Sugiarto, Kepala Teknik Tambang PT Arutmin Indonesia Tambang Batulicin, Kamis (19/1/2023).

Menurut Iwan, capaian 32.410.974 jam kerja tanpa LTI tentunya merupakan hasil kerja keras dan disiplin dari seluruh pihak yang terlibat.

“Oleh karena itu saya menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya. Semoga operasional tambang kita lancar dan aman, terhindar dari segala bentuk kecelakaan yang dapat merugikan kita semua,” tambahnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bulan K3 Nasional

Setiap 12 Januari hingga 12 Februari diperingati sebagai Bulan K3 Nasional, di mana tema tahun 2023 adalah ‘Terwujudnya Pekerjaan Layak yang Berbudaya K3 Guna Mendukung Keberlangsungan Usaha di Setiap Tempat Kerja’ yang diatur Keputusan Menteri Ketenagakerjaan RI Nomor 135 Tahun 2022 tentang Petunjuk Pelaksanaan Bulan K3 Tahun 2023.

Direktur PT JB Daud Kala Bombang yang hadir pada upacara Bulan K3 di PIT Trambesi juga mengapresiasi pencapaian dari Jhonlin Baratama.

“Saya bangga atas prestasi yang dicapai AI dan JB. Saya juga berharap ini dapat kita pertahankan. Jangan sampai apa yang sudah dibangun dan diusahakan lenyap karena kelalaian kita,” kata Daud.

Menurut Daud, pelaksanaan K3 merupakan tanggung jawab bersama, sehingga semua pihak berkewajiban untuk berperan aktif secara konsisten.

“Mari kita jadikan Bulan K3 ini sebagai momentum untuk mewujudkan peningkatan kesadaran akan pentingnya penerapan budaya K3 di setiap kegiatan, agar kita semua dapat bekerja dengan aman dan tentram,” harap Daud.

 

3 dari 3 halaman

Produktivitas

Sementara itu, Manager HSE PT JB M Muslikun, menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung dan berperan serta dalam membudayakan K3 di area kerja sehingga dapat meraih 32.410.974 jam kerja aman tanpa LTI.

“Hal ini tentu berdampak terhadap produktivitas yang semakin baik. Oleh karena itu, momentum ini juga kami gunakan untuk memberikan reward kepada karyawan di sela-sela upacara Bulan K3 Nasional PT JB dan PT AI sebagai wujud syukur,” kata Muslikun.

Muslikun juga mengajak semua karyawan untuk meningkatan kesadaran akan pentingnya penerapan budaya K3 pada setiap kegiatan agar dapat bekerja dengan aman dan tentram.

Beragam kegiatan yang dilaksanakan PT AI dan PT JB dalam memperingati Bulan K3 Nasional di PIT Trambesi, di antaranya pembacaan kebijakan K3LH PT AI dan PT JB, pemberian penghargaan K3 pada Managemen PT JB, penghargaan K3 untuk karyawan PT JB, penandatanganan komitmen K3LH tahun 2023, lomba K3, serta simulasi ERT AI dan JB dalam emergency drill.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.