Sukses

5 Daya Tarik Ketep Pass Magelang, Salah Satunya Bisa Lihat Lima Gunung Sekaligus

Memiliki suasana yang sejuk, Ketep Pass sangat cocok dijadikan lokasi liburan bersama keluarga.

Liputan6.com, Magelang - Ketep Pass merupakan salah satu destinasi wisata alam yang ada di Magelang, Jawa Tengah. Selain dapat melihat pemandangan Kota Magelang dari atas, tempat wisata ini juga menawarkan berbagai keseruan lainnya.

Memiliki suasana yang sejuk, Ketep Pass sangat cocok dijadikan lokasi liburan bersama keluarga. Berikut beberapa daya tarik Ketep Pass yang sayang untuk dilewatkan:

1. Ketep Volcano Center

Ketep Volcano Center merupakan museum vulkanologi yang menyajikan berbagai informasi seputar gunung berapi, khususnya Gunung Merapi. Museum ini juga menghadirkan miniatur Gunung Merapi, sehingga akan cocok dijadikan destinasi wisata edukasi.

Selain itu, ada juga komputer interaktif yang berisi dokumen tentang gunung api dan beberapa contoh batu-batuan bukti letusan dari tahun ke tahun. Bukan itu saja, di dalam Ketep Volcano Center juga terdapat poster puncak Garuda yang berukuran 3x3 meter, poster peringatan lahar Gunung Merapi, serta foto-foto letusan dahsyat Gunung Merapi.

2. Teropong

Terdapat dua buah teropong yang bisa digunakan pengunjung untuk melihat pemandangan lebih dekat. Teropong tersebut berada di puncak Panca Arga serta Gardu Pandang. Dengan teropong, pengunjung wisata Magelang ini bisa menikmati pemandangan Gunung Merapi, Gunung Andong, dan Gunung Merbabu.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pelataran Panca Arga

3. Pelataran Panca Arga

Pelataran Panca Arga merupakan destinasi wisata tertinggi di Ketep Pass. Dari Pelataran Panca Arga, kamu bisa melihat pemandangan lima gunung sekaligus, yakni Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Slamet, Gunung Sindoro, dan Gunung Sumbing.

Selain lima gunung tersebut, pengunjung juga bisa melihat dan menikmati gunung-gunung kecil dan bukit indah lainnya, seperti Gunung Tidar, Gunung Andong, Bukit Telomoyo, dan Bukit Menoreh.

4. Bioskop Mini

Bioskop mini di Ketep Pass memiliki kapasitas tempat duduk yang cukup banyak, yaitu 78 kursi. Bioskop ini menyajikan film sejarah Gunung Merapi, yang meliputi peristiwa terbentuknya Gunung Merapi, jalur-jalur pendakian, penelitian di Puncak Garuda, serta letusan dahsyat di Gunung Merapi. Durasi filmnya pun tidak lama, hanya sekitar 25 menit.

5. Gardu Pandang

Hal lain yang menjadi daya tarik Ketep Pass adalah Gardu Pandang. Wisatawan dapat menikmati pemandangan alam sekitar dari sini.

Terdapat dua gazebo yang masing-masingnya berukuran 4 meter persegi serta bangunan segi delapan dengan panjang sisi 5 meter. Dari Gardu Pandang ini pengunjung dapat melihat keindahan alam seperti hamparan tanah pertanian, Gunung Merapi, dan Gunung Merbabu.

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.