Sukses

7 Misteri Lautan di Dunia yang Belum Terpecahkan

Tak jarang, cerita-cerita tersebut mampu membuat bulu kuduk merinding.

Liputan6.com, Yogyakarta - Tak hanya menampilkan keindahan, laut juga menyimpan berbagai hal misterius yang menarik untuk dikulik. Banyak wisatawan di seluruh penjuru dunia yang memilih laut sebagai tempat untuk menikmati pemandangan, bermain pasir, atau menyelam untuk sekadar menikmati keindahan bawah laut.

Luas dan dalamnya laut memang menyimpan berbagai cerita-cerita misterius. Tak jarang, cerita-cerita tersebut mampu membuat bulu kuduk merinding.

Mengutip dari beberapa sumber, berikut tujuh misteri laut yang belum terpecahkan:

1. Hantu di Kapal Kaz II

Pada 2007, Kaz II berlayar dari Australia. Kaz II merupakan yacht atau kapal pesiar kecil.

Kapal tersebut diawaki tiga pelaut dan secara misterius ditemukan melayang dengan mesin yang masih berjalan, laptop yang digerakkan, dan meja yang benar-benar diatur. Coroners telah berspekulasi tentang apa yang terjadi pada tiga pelaut tersebut, tetapi tidak ada yang pernah terbukti hingga sekarang.

2. Hiu Kanibal Raksasa

Pada 2003, para ilmuwan memutuskan untuk menandai hiu putih besar sepanjang 9 kaki untuk mempelajari perubahan suhu di lautan. Anehnya, beberapa bulan kemudian tag yang merekam informasi tersebut ditemukan di pantai.

Ketika para peneliti dan ilmuwan melihat informasi tag, mereka pun terkejut. Sekitar 4 bulan setelah tag itu dipasang, hiu tersebut tampak telah menyelam sekitar 1.900 kaki.

Tag tersebut menunjukkan seekor hiu yang diserang dan dimakan oleh sesuatu. Para ilmuwan menyimpulkan sesuatu yang menyerang hiu putih sepanjang 9 kaki adalah hiu dengan ukuran yang lebih besar.

3. Anomali Laut Baltik

Pada 2011, anomali Laut Baltik ditemukan oleh dua peneliti dengan menggunakan pemindaian sonar. Pemindaian sonar tersebut dilakukan di sekitar 300 kaki di dasar laut dari Laut Baltik.

Ditemukan bentuk aneh yang menyebabkan banyak orang percaya hal itu semacam pesawat luar angkasa yang mengalami kecelakaan mendarat atau formasi alam yang aneh. Bahkan, beberapa orang berspekulasi hal tersebut merupakan semacam teknologi perang rahasia.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Suara Misterius

4. Suara Misterius

Saat malam hari, di tengah samudra akan tampak gelap gulita. Pada saat itu pula, ada beberapa suara misterius muncul yang tidak dapat dijelaskan asalnya.

Suara tersebut telah direkam selama bertahun-tahun. Ada dua suara yang paling populer yaitu 'The Bloop' dan 'Julia'.

Suara-suara itu kemungkinan dibuat oleh benda atau makhluk yang sangat besar. Sebagian besar ilmuwan percaya suara tersebut berasal dari gunung es besar yang menggores lantai samudra.

5. Menghilangnya Kapal Selam

Pada 1968, empat kapal selam terpisah. Empat kapal tersebut, di antaranya Scorpion USS, kapal selam Soviet K-129, Minerve kapal selam Prancis, dan INS Dakar.

Dari empat kapal tersebut, The Minerve menjadi kapal yang masih belum pernah ditemukan. Padahal, kapal tersebut hanya menghilang selama 1 jam dari pelabuhannya.

6. Atlantis yang Asli

Beberapa orang mengatakan, kota Atlantis di bawah laut yang sempat hilang telah ditemukan langsung dari pulau Delos di Yunani. Kota tersebut ditemukan dengan beberapa bangunan, halaman, dan banyak tembikar.

7. Monster di Stronsay

Skotlandia memiliki banyak binatang laut di 'danau'. Tak hanya dari kisah 'The Loch Ness Monster', pada 1808, sebuah bangkai aneh tersapu di pantai Stronsay.

Banyak orang percaya hal tersebut adalah Plesiosaurus lain. Para ilmuwan berspekulasi hal tersebut merupakan hiu sepanjang 36 kaki yang membusuk.

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.