Sukses

Serupa tapi Tak Sama, Loma Lame Kuliner Legendaris Cirebon Mirip Seblak

Masih banyak kuliner khas Cirebon lainnya yang tak kalah melegenda dan khas siap dinikmati pengunjung.

Liputan6.com, Cirebon - Ragam kuliner menarik menghiasi suasana berlibur di Cirebon Jawa Barat. Mulai dari kuliner berat, hingga jajanan pasar Cirebon. Diketahui, nasi jamblang, docang, hingga nasi lengko merupakan kuliner yang sudah banyak dikenal masyarakat luar Cirebon. 

Namun, masih banyak kuliner khas Cirebon lainnya yang tak kalah melegenda dan khas. Kuliner tersebut bernama Loma Lame Cirebon.

Diketahui, loma lame adalah makanan khas Cirebon yang sudah dikenal di kalangan penduduk setempat. Kuliner tersebut terbuat dari kerupuk melarat yang dikukus atau rebus hingga lunak. Dari penampilan, Loma Lame kerap dianggap mirip seblak. Namun, kuliner tersebut bukan hasil modifikasi seblak.

 

**Liputan6.com bersama BAZNAS bekerja sama membangun solidaritas dengan mengajak masyarakat Indonesia bersedekah untuk korban gempa Cianjur melalui transfer ke rekening:

1. BSI 900.0055.740 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)2. BCA 686.073.7777 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Murah Meriah

Namun, kuliner loma lame ini hanya diberi bumbu khas saja seperti parutan kelapa dan kecap.

Dirangkum dari berbagai sumber, loma lame memiliki arti lembek atau klemar klemer. Jadi kerupuk yang biasa garing, dibuat lunak hingga menjadi loma lame.

Loma-lame biasa dijual di depan sekolah-sekolah atau jajanan rumahan, harga loma-lame cukup terjangkau, yakni Rp3.000 per porsi.

Loma-lame ini banyak ditemukan di daerah Tegalgubug, Kaliwedi, Gegesik hingga Arjawinangun, yaitu bagian barat Kota Cirebon.

 

Penulis: Nela Qurrotu'ain

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.