Sukses

5 Destinasi Wisata Unik di Indonesia, Ada yang Bernama Pocong hingga Siluman

Berikut lima destinasi wisata unik Indonesia.

Liputan6.com, Yogyakarta - Indonesia memiliki beragam destinasi wisata unik dan sayang untuk dilewatkan. Beragam jenis destinasi wisata ada di Indonesia, mulai dari wisata religi, wisata edukasi, wisata sejarah, dan lainnya.

Dari beberapa destinasi wisata yang ada, beberapa di antaranya terbilang cukup unik. Bahkan, tempat wisata dengan nama unik ini cukup menarik perhatian.

Berikut lima destinasi wisata unik Indonesia:

1. Air Terjun Siluman, Sumatra Utara

Air Terjun Siluman berlokasi di Desa Garunggung, Kecamatan Sei Binge, Kabupaten Langkat. Destinasi yang cukup misterius ini kurang lebih berada di 20 km dari Kota Binjai.

Disebut sebagai Air Terjun Siluman karena letaknya berada di antara tebing batu tinggi yang menimbulkan kesan angker dan menyeramkan. Selain itu, air yang jatuh dari atas tebing pun datangnya tak menentu.

Terkadang, air terjunnya sangat deras, tetapi tak jarang pula berkurang debitnya bahkan menghilang, layaknya siluman.

2. Batu Lemo Toraja, Sulawesi Selatan

Batu Lemo Toraja berlokasi di Lemo, Makale Utara, Tana Toraja, Sulawesi Selatan. Baru Lemo Toraja merupakan destinasi wisata Indonesia berupa pemakaman bangsawan yang berada di Gua Lemo di Desa Sandan Uai, Sulawesi Selatan. 

Meski berupa pemakaman, tempat ini sebenarnya jauh dari kesan angker. Pengunjung bisa melihat deretan boneka kayu menyerupai jasad orang yang dimakamkan dengan penataan yang sangat rapi.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Candi Asu Sengi, Magelang

3. Candi Asu Sengi, Magelang

Candi Asu Sengi berlokasi di Candi Pos Sengi, Dukuhan, Ngampel, Magelang, Jawa Tengah. Dalam bahasa Jawa, kata 'asu' diartikan sebagai anjing.

Pemberian nama ini bukan tanpa alasan. Pasalnya, memang terdapat banyak anjing liar yang tinggal di kawasan destinasi wisata tersebut.

4. Gua 'Pocong', Pacitan

Gua Pocong sebenarnya memiliki nama asli Goa Peden. Gua ini berlokasi di Dusun Seso, Desa Pringkuku, Pacitan.

Nama pocong disematkan karena di dalam gua ini terdapat batu yang bentuknya sangat mirip dengan pocong. Batu pocong tersebut sebenarnya merupakan stalagmit yang terbentuk alami dari kumpulan kalsit yang menetes di dalam gua.

5. Pemakaman Desa Trunyan, Bali

Pemakaman Desa Trunyan berada di Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali. Dengan mengunjungi destinasi wisata ini, pengunjung bisa menyaksikan tradisi pemakaman yang unik.

Tradisi tersebut yakni jasad yang tidak dikubur dan dibiarkan dengan cara ditutup sangkar hingga nantinya menyatu dengan tanah. Meski tak mengubur jasad, kawasan ini tetap tidak memiliki aroma busuk karena sisa-sisa jasad diserap oleh pohon Taru Menyan.

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.