Sukses

Gelar Festival Gurami, Desa di Bantul ini Menjadi Pusat Penghasil Gurami

Tim pengabdian Fakultas Pertanian UGM menyelenggarakan Festival Gurami. Kegiatan diadakan bekerjasama dengan Desa Tirtomulyo.   

Liputan6.com, Yogyakarta - Desa Tirtomulyo Kapanewon Kretek, Kabupaten Bantul, DIY menggelar Festival Gurami pada Selasa (20/12) lalu menjadi penanda cita cita sebagai pusat penghasil gurami. Koordinator tim pengabdian Fakultas Pertanian UGM  Siti Ari Budhiyanti mengatakan festival gurami ini hasil dari beberapa tahun terakhir mendampingi dan memberdayakan masyarakat pembudidaya dan pengolah gurami  binaan UGM. 

“Untuk lebih menyemarakkan dan mengembangkan kampung gurami sebagai ikon Tirtomulyo, Tim Pengabdian Fakultas Pertanian UGM bekerjasama dengan Kalurahan Tirtomulyo telah menginisiasi Festival Gurami ini,” terangnya dalam rilis yang diterima, Kamis, 22 Desember 2022.

Siti mengatakan Desa Tirtomulyo yang memiliki ratusan kolam  juga dikembangkan menjadi Kampung Wisata Gurami. Harapannya dengan adanya festival gurami ini dapat  berkembang dengan dukungan dari instansi terkait.

"Kegiatan Festival ini mengundang pejabat di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Bantul, Tim Penggerak PKK Kabupaten Bantul, pejabat dan tokoh masyarakat Kapanewon Kretek dan Kalurahan Tirtomulyo," katanya. 

Lurah Desa Tirtomulyo, Ridwan Anas menjelaskan Festival Gurami ini bertujuan untuk meningkatkan dan memberdayakan potensi lokal di bidang budidaya gurami.

Budidaya gurami di Tirtomulyo telah berlangsung cukup lama dan maju sehingga diharapkan desa ini menjadi pusat penghasil dan pengolah gurami di Kabupaten Bantul juga sebagai destinasi wisata edukasi dan kuliner berbasis ikan gurami.

“Terima kasih kepada Tim Fakultas Pertanian UGM karena sudah mendampingi dan bersinergi dalam pemberdayaan dan pelaksanaan acara Festival Gurami Tirtomulyo,” ucapnya.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sentra Gurami

Kepala Bidang Pemasaran, Pengolahan dan Pengawasan Perikanan Kabupaten Bantul, Jendro Darmoko, mengapresiasi kolaborasi pihak Pemda dan UGM. Ia berharap kolaborasi ini dapat mewujudkan Tirtomulyo menjadi Sentra Kampung Gurami dan mendukung budidaya ikan secara umum. 

Kegiatan utama Festival Gurami 1 berbentuk lomba memasak berbasis ikan gurami yang diikuti oleh perwakilan dari 15 padukuhan di Tirtomulyo. Terpilih sebagai pemenang lomba masak Festival Gurami Tirtomulyo 1 adalah kelompok dari Padukuhan Bracan dengan masakan garang asem dan bola-bola rendang gurami. Sedangkan juara 2 berasal dari Padukuhan Kergan dengan masakan  rolade gurami dan nugget gurami.

Festival ini juga disemarakkan dengan lomba mewarnai ikan gurami bagi adik-adik TK dan pameran produk UMKM di lingkup Kalurahan Tirtomulyo. Kegiatan turut dimeriahkan dengan penampilan Kesenian Gedruk  Segoro Kidul dan Organ Tunggal CND.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.