Sukses

Polisi Siapkan Skema One Way Sepenggal di Ciwidey dan Pangalengan Jelang Nataru 2023

Polisi siapkan pos pengamanan hingga rencana rekayasa lalu lintas saat masa libur Natal dan tahun baru 2023.

Liputan6.com, Bandung - Pihak kepolisian rencananya akan memberlakukan rekayasa lalu lintas menuju kawasan wisata Pangalengan maupun Ciwidey, Kabupaten Bandung, saat libur Natal dan Tahun Baru 2023.

Kapolresta Bandung, Kombes Pol Kusworo Wibowo, mengatakan, pihaknya akan fokus melakukan pengamanan Natal dan Tahun Baru dari tanggal 23 Desember 2022 hingga 2 Januari 2023.

Adapun, rekayasa lalu lintas tersebut bakal dilakukan jika tingkat kemacetan menuju atau dari arah dua kecamatan tersebut memang terpantau tinggi.

"Jadi, kalau nanti kendaraan dari arah Soreang itu volumenya cukup tinggi, kita lakukan one way sepenggal," kata dia di Bandung, Kamis (22/12/2022).

Kusworo menjelaskan, pola one way sepenggal dilakukan agar bisa menarik kepadatan kendaraan di kawasan Ciwidey.

"Sehingga kalau sudah terjadi kelonggaran maka kendaraan yang dari bawah dari Soreang bisa kami teruskan naik ke atas ke daerah Ciwidey. Begitu juga dengan daerah Pangalengan," kata Kusworo.

Kusworo menyampaikan, pihak kepolisian juga sudah menyiapkan pos pengamanan atau pos pam untuk daerah Ciwidey dan Pangalengan. Selain menempatkan pos pam, polisi juga menyiapkan kantong-kantong parkir.

"Sehingga kalau ada kendaraan yang bermasalah kami bisa di kantong (parkir) tersebut. Kami siapkan sebagai antisipasi. Daerah yang rawan kemacetan memang di seputaran tempat wisata seperti Ciwidey maupun Pangalengan," dia menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.