Sukses

Wisata Religi Peninggalan Nabi, Rekomendasi Libur Akhir Tahun

Suasana berlibur akan terasa berbeda jika kita menikmati liburan sambil belajar sejarah peninggalan Nabi yang bisa dikunjungi bersama

Liputan6.com, Jakarta - Berlibur adalah suatu kebiasaan yang rutin dilakukan seseorang maupun kelompok orang pada waktu senggang atau pada saat hari libur.

Sejumlah kawasan wisata pun mulai ramai dipesan pengunjung untuk menghabiskan waktu pada libur Natal dan Tahun Baru. Mulai dari wisata alam hingga konsep wisata lain yang ada di Indonesia maupun negara lain.

Namun, suasana berlibur akan terasa berbeda jika kita menikmati liburan sambil belajar sejarah. Khususnya dengan mempelajari sejarah bernuansa Islami atau sejarah para nabi.

Selain merasakan sensasi berbeda, pengunjung akan mendapat informasi terbaru terkait peristiwa hingga mukjizat para nabi dan rasul berikut sahabatnya.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut tempat wisata religi para Nabi yang bisa kalian kunjungi:

Sejarah Nabi Ibrahim

Tempat yang sekaran menjadi saksi bisu atas kekuasaan Allah SWT pada saat menyelamatkan Nabi Ibrahim di bakar hidup-hidup oleh seorang Raja yang kejam yaitu Raja Namrudz adalah Kota Urfa atau Ur, wilayah Mesopotamia yang sekarang masuk wilayah Turki.

Selain bangunan tersebut terdapat pula kolam air yang dulunya adalah sebagai tempat pembakaran Nabi Ibrahim As, kolam tersebut terdapat seekor ikan yang dulunya juga diyakini sebagai bara api yang membakar Nabi Ibrahim As.

Konon katanya ikan tersebut jumlah ikan tidak berkurang ataupun bertambah, karana kesucian ikan tersebut ikan tidak boleh diambil atau pun dipancing itu merupakan bentuk penghormatan atas mukjizat Nabi Ibrahim AS.

 

**Liputan6.com bersama BAZNAS bekerja sama membangun solidaritas dengan mengajak masyarakat Indonesia bersedekah untuk korban gempa Cianjur melalui transfer ke rekening:

1. BSI 900.0055.740 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)2. BCA 686.073.7777 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

Saksikan video pilihan berikut ini: 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gua Pengasingan Nabi Ayub As

Sebagaimana yang kita ketahui Nabi Ayub As diuji oleh Allah SWT dengan sebuah penyakit kulit yang sangat menjijikkan, penyakit yang berlangsung selama belasan tahun tersebut menyebabkan Nabi Ayub As diasingkan oleh masyarakat sekitar yang takut ditularkan oleh penyakit tersebut.

Gua yang dulu menjadi tempat pengasingan Nabi Ayub beserta anak dan istrinya tersebut bernama The cave hz Ayyub AsHz Ayyub As Sabir Makami dan Sumur kesembuhan yang bernama Syifa Sur berada pada kota yang sama dengan peninggalan sejarah Nabi Ibrahim yaitu di Kota Urfa atau Ur, Turki.

Sumur Syifa Sur ini dijuluki sebagai zam-zamnya Turki dikarenakan Allah memberikan mukjizat kepada Nabi Ayub untuk menghentakkan kakinya kemudian keluarnya mata air yang menjadi obat penyembuh atas penyakitnya tersebut.

Air tersebut sampai sekarang boleh diambil bagi turis wisatawan secara gratis dan diambil harus dengan menggunakan tempat minum yang sudah disediakan di sana.

Gua Ashabul Kahfi

Ashabul kahfi adalah sekumpulan 7 orang pemuda beserta anjingnya yang ditidurkan Allah selama beratus ratus tahun tahun. Mereka melarikan diri atas kejaran Raja Dikyanus karena mereka tidak mau menyembah selain Allah.

Diyakini banyak orang, dari sejumlah negara namun beberapa ciri-ciri yang menunjukan kebenaran letak gua ashabul kahfi yaitu memiliki lubang sebagai masuknya cahaya matahari, tempat gua yang luas, terdapat tempat anjing ashabul kahfi berjaga yaitu di antara pintu masuk dan gua.

Nah, sekilas tentang tempat-tempat peninggalan sejarah Islam yang wajib kamu kunjungi guna menambah wawasan Islamiyah-mu.

Penulis: Nela Qurrotu'ain

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.