Sukses

Menikmati Akhir Pekan di Pantai Ujong Kareung

Pantai Ujong Kareung merupakan salah satu wisata bahari yang terletak di Aceh

Liputan6.com, Aceh - Jika kamu sedang berada di Aceh, kamu bisa mengunjungi salah satu destinasi wisata alam baru. Destinasi tersebut berupa pantai yang diberi nama Pantai Ujong Kareung.

Pantai Ujong Kareung merupakan salah satu wisata bahari yang terletak di Aceh. Tempat ini berlokasi di Kecamatan Suka Jaya, Kota Sabang.

Wisata Aceh ini memiliki berbagai spot foto yang menarik, salah satunya berbentuk hati. Spot foto berbentuk hati tetsebut tersusun dari pecahan karang.

Pada bagian alas, terdapat beberapa karang yang langsung berbatasan dengan bibir pantai. Tak hanya spot foto, pantai ini juga memiliki pemandangan bebatuan karang raksasa di sekitar bibir pantai.

Karang tersebut berbentuk cekungan unik dengan air berwarna kebiruan. Selain itu, pengunjung juga bisa menyaksikan kapal kargo asing yang berlayar di jalur bebas.

Bagi penyuka olahraga adrenalin, bisa mencoba melompat dari atas karang untuk terjun bebas ke laut. Saat berada di atas batu karang, akan terasa sensasi adrenalin sebelum akhirnya melompat ke air.

Selain berfoto dan melompat dari atas karang, pengunjung juga bisa melalukan kegiatan lain, seperti berenang, menikmati sunset dan sunrise, snorkling, hingga memancing. Untuk sampai ke lokasi, pengunjung hanya perlu menempuh perjalanan dengan kendaraan pribadi selama lima menit dari pusat Kota Sabang, Aceh.

Konon, Pantai Ujong Kareung dahulu merupakan wilayah yang dijadikan tempat pertahanan oleh pemerintah Kolonial Belanda. Sejarah ini dibuktikan dengan adanya bangunan peninggalan pada masa tersebut, yaitu Benteng Jepang, yang hingga saat ini masih kokoh berdiri.

Sementara itu, di sekitar pantai merupakan sebuah jalan umum. Terdapat beberapa bangunan di sekitar jalan tersebut, mulai dari kafe, perumahan warga, dan kantor polisi.

Adapun di sebelah utara Pantai Ujong Kareung merupakan Dermaga Perintis. Dermaga tersebut berfungsi sebagai tempat bersandarnya kapal.

(Resla Aknaita Chak)

 

**Liputan6.com bersama BAZNAS bekerja sama membangun solidaritas dengan mengajak masyarakat Indonesia bersedekah untuk korban gempa Cianjur melalui transfer ke rekening:

1. BSI 900.0055.740 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)2. BCA 686.073.7777 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.