Sukses

Menuju Final Piala Dunia 2022: Prancis Sempat Takluk di Hadapan Tunisia

Berikut perjalanan Prancis menuju final Piala Dunia 2022

Liputan6.com, Yogyakarta - Setelah melalui beberapa laga, Prancis akhirnya memastikan tempat terakhir di final Piala Dunia 2022. Skuad asuhan Didier Deschamps berhasil menghentikan langkah tim kuda hitam, Maroko, di babak semifinal.

Perjuangan timnas Prancis untuk melaju ke partai final juga tak mudah. Apalagi pada edisi Piala Dunia sebelumnya, yakni pada 2018, Prancis cukup dijagokan karena menjadi juara.

Keunggulan Prancis sempat diragukan usai takluk dari Tunisia. Berikut perjalanan Prancis menuju final Piala Dunia 2022:

Fase Grup

1. Prancis 4-1 Australia

Pertandingan debut Prancis di Piala Dunia berakhir fantastis dengan skor 4-1 saat bertemu Australia. Namun, laga ini cukup menegangkan karena Australia unggul lebih dulu pada awal laga.

Pada menit ke-9, Craig Goodwin membawa Australia unggul di awal pertandingan. Namun, Prancis berhasil membalikkan keadaan dengan mencetak empat gol sekaligus.

Empat gol Prancis dicetak oleh Adrien Rabiot (27'), Olivier Giroud (32', 71'), dan Kylian Mbappe (68'). Skor 4-1 bertahan hingga pertandingan berakhir.

2. Prancis 2-1 Denmark

Pertandingan kedua di fase grup mempertekukan Prancis dan Denmark. Laga ini berlangsung alot karena kedua tim memiliki kualitas yang cukup setara.

Gol pertama laga ini tercipta di menit ke-61 melalui Kylian Mbappe yang sekaligus membuat Prancis unggul 1-0. Namun tujuh menit setelahnya, Andreas Christensen berhasil menyamakan kedudukan.

Menjelang akhir babak kedua, Kylian Mbappe kembali mencetak gol di menit ke-86. Gol kedua Mbappe pun memastikan kemenangan Prancis di laga ini.

3. Prancis 0-1 Tunisia

Pada laga akhir fase grup, sebenarnya Prancis sudah dipastikan lolos. Oleh karena itu, Prancis menurunkan banyak pemain yang minim pengalaman saat menghadapi Tunisia.

Setidaknya, Didier Deschamps merotasi delapan pemain inti Prancis dalam laga ini. Meski mendominasi permainan, Prancis justru gagal mencetak gol.

Sebaliknya, Prancis justru kebobolan oleh Tunisia berkat Wahbi Khazri di menit ke-58. Hasil akhir 0-1 pun berakhir hingga pertandingan usai.

Meski kalah, hasil pertandingan ini tidak berpengaruh bagi Prancis yang sudah dipastikan lolos ke fase gugur. Prancis menjuarai Grup D Piala Dunia 2022 Qatar dengan 6 poin.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

16 Besar

Prancis 3-1 Polandia

Saat menghadapi Polandia di babak 16 besar, Prancis bermain cukup alot. Dalam laga ini, Prancis membobol gawang Polandia tiga kali melalui kaki Olivier Giroud (44') dan Kylian Mbappe (74',90+1').

Polandia sempat memperkecil ketertinggalan melalui tendangan penalti Lewandowski (90+9'). Namun, skor 3-1 bertahan hingga akhir pertandingan dan memastikan Prancis lolos ke perempat final.

Perempat Final

Prancis 2-1 Inggris

Pertemuan Prancis dan Inggris di perempat final juga berlangsung cukup sengit. Namun, Prancis unggul lebih dulu di menit ke-17 melalui Aurelien Tchouameni.

Pada menit ke-54, Inggris sempat menyamakan kedudukan melalui tendangan penalti Harry Kane. Selanjutnya, Prancis kembali unggul setelah Olivier Giroud mencetak gol di menit ke-78.

Sebenarnya, laga Prancis vs Inggris bisa berakhir imbang di waktu normal jika Harry Kane bisa membobol gawang Hugo Lloris lewat tendangan penalti di menit ke-84. Kegagalan Harry Kane tersebut membuat Prancis tetap unggul 2-1 dan berhak melaju ke semifinal Piala Dunia 2022.

Semifinal

Prancis 2-0 Maroko

Maroko tampil di Piala Dunia 2022 sebagai tim kuda hitam yang cukup diwaspadai Prancis. Pada laga tersebut, Prancis tidak mendominasi permainan dan membiarkan Maroko lebih banyak membawa bola.

Strategi tersebut ternyata dimanfaatkan oleh Prancis untuk melakukan serangan balik. Prancis pun mampu mencetak dua gol sekaligus ke gawang Maroko.

Gol pertama Prancis dicetak oleh Theo Hernandez di menit ke-5. Sementara gol kedua dicetak oleh Randal Kolo Muani di menit ke-79.

Kemenangan 2-0 Prancis atas Maroko membawa tim asuhan Didier Deschamps melaju ke final Piala Dunia 2022. Selanjutnya, Prancis akan bertemu dengan Argentina di final pada Minggu (18/12/2022), pukul 22.00 WIB.

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.