Sukses

Kirim Pemain Terbanyak untuk Piala Dunia 2022, Manchester City Terima Rp87 Miliar dari FIFA

Sembilan dari 16 pemain Manchester City yang dikirimkan mampu menembus babak perempat final Piala Dunia 2022 Qatar.

Liputan6.com, Yogyakarta - Klub Liga Inggris, Manchester City, mengirimkan 16 pemainnya untuk berlaga di Piala Dunia 2022. Jumlah tersebut merupakan yang terbanyak di antara klub Premier League lainnya.

Mengutip dari The Times, Manchester City memang menjadi tim yang paling banyak mengirimkan pemainnya ke Piala Dunia. Atas hal tersebut, Manchester City pun akan menerima kompensasi sebesar £4,5 juta atau senilai Rp87 miliar dari FIFA.

Dari 16 pemain The Citizens tersebut, 15 di antaranya sudah gugur. Hanya tersisa Julian Alvarez yang akan berlaga di final bersama Timnas Argentina.

Sementara, sembilan dari 16 pemain Manchester City yang dikirimkan mampu menembus babak perempat final Piala Dunia 2022 Qatar. Hal tersebut juga menjadi salah satu alasan yang membuat tim besutan Pep Guardiola mendapat kompensasi terbesar dari FIFA.

Federasi sepak bola dunia itu menggelontorkan £169 juta untuk Club Benefits Program sebagai timbal balik kepada klub yang mengirim pemainnya ke Piala Dunia 2022. Adapun rincian dana tersebut terhitung dari setiap hari yang dihabiskan seorang pemain di Piala Dunia 2022, klub akan menerima 8.100 pounds dari FIFA.

Dari perhitungan tersebut, Manchester City meraup £4,5 juta atau sekitar Rp87 miliar karena partisipasi pemainnya di Piala Dunia 2022. Jika dibandingkan dengan klub di luar Liga Inggris, sebenarnya Manchester City kalah dari Barcelona.

Barcelona mengirimkan 17 pemain di Piala Dunia 2022. Namun, mayoritas pemain Barcelona membela Timnas Spanyol yang tersisih di babak 16 besar.

Klub bisa mengajukan kompensasi sebesar £145 ribu kepada FIFA untuk setiap pemain yang berlaga di fase grup. Jumlah tersebut meningkat menjadi £177,5 ribu jika pemain lolos ke 16 besar dan meningkat lagi menjadi £226 ribu jika menembus perempat final.

Sementara itu, untuk pemain yang tampil di semifinal dan final, FIFA akan memberi kompensasi sebesar £258 ribu dan £298,5 ribu kepada klub. Adapun untuk seluruh pemain, baik yang ikut turun ke pertandingan atau sebagai pemain cadangan, akan dihitung oleh FIFA sebagai kompensasi ke klub.

Jika seorang pemain kurang dari dua tahun membela klub tertentu, maka FIFA akan membagi kompensasi dengan bekas klub pemain tersebut. Terkait jumlah kompensasi tersebut, sejumlah tim berada di belakang Manchester City.

Manchester United menyusul Manchester City dengan perolehan £2,92 juta, Chelsea £2,47 juta, dan Tottenham Hotspur £2,33 juta. Adapun Arsenal dan Liverpool menjadi dua tim big six yang mendapat kompensasi terendah, yakni sekitar £2,11 juta untuk The Gunners dan £1,55 juta untuk The Reds.

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.