Sukses

4 Tips Memilih Body Lotion untuk Kulit Sensitif

Bagi kamu pemilik kulit sensitif, berikut tips memilih body lotion yang tepat

Liputan6.com, Yogyakarta - Bagi pemilik kulit sensitif, memilih body lotion tak bisa sembarangan. Pasalnya, kulit sensitif rentan terhadap alergi, gatal, dan iritasi.

Dengan memilih body lotion yang tepat, maka akan menjaga kelembapan kulit, sehingga kulit menjadi sehat dan terawat. Kulit sensitif umumnya ditandai dengan munculnya ruam, gatal, atau kemerahan ketika menggunakan produk perawatan tertentu.

Bagi kamu pemilik kulit sensitif, berikut tips memilih body lotion yang tepat:

1. Mengandung pelembap

Hal utama yang harus diketahui adalah jenis pelembab. Pada dasarnya, terdapat tiga kategori umum dalam setiap pelembap, yaitu humektan, oklusif, dan emolien.

Humektan merupakan kategori pelembap yang bekerja dengan cara menarik air dari udara, sehingga dapat membantu menghidrasi kulit. Kandungan pelembap yang termasuk dalam kategori humektan, di antaranya gliserin, alpha hydroxy acid (AHA), dan asam hialuronat.

Sementara itu, pelembab oklusif umumnya bekerja seperti halnya perisai yang dapat melindungi kulit dari penguapan air dari dalam kulit. Pelembap seperti petrolatum, mineral oil, paraffin, dan squalene merupakan jenis oklusif dapat mengunci kelembapan pada kulit.

Adapun pelembab emolien dapat melembutkan, melembapkan, dan memperbaiki berbagai kondisi kulit yang bekerja menutupi kulit dengan lapisan pelindung untuk menahan kelembapan. Pelembab yang termasuk ke dalam jenis ini adalah mineral oil, ceramide, lanolin, dan paraffin.

2. Melindungi dari sinar matahari

Selain melembapkan, body lotion yang cocok untuk kilit sensitif adalah yang dapat melindungi kulit dari sinar matahari. Mengutip dari penelitian Dermatology Practical & Conceptual, paparan sinar matahari berlebih dapat menyebabkan kanker kulit.

3. Mengandung bahan-bahan alami

Body lotion dengan kandungan bahan alami merupakan jenis yang paling baik untuk kulit sensitif. Beberapa produk perawatan kulit sensitif memiliki bahan-bahan yang cenderung ringan dan alami untuk kulit.

Salah satu kandungan body lotion yang bagus untuk kulit sensitif adalah gliserin yang bisa ditemukan dalam bahan alami, seperti madu, soybean, kelapa, dan palm oil. Bahan gliserin dapat melembapkan lapisan luar kulit, mempercepat proses penyembuhan luka, meredakan kulit kering, dan lainnya.

4. Pilih produk yang aman untuk semua bagian tubuh

Selain perihal kandungan, hal yang tak kalah penting dalam memilih body lotion untuk kulit sensitif adalah memastikan produk perawatan kulit yang dipilih aman. Pastikan produk tersebut memiliki kandungan yang aman dan telah memiliki Sertifikasi BPOM.

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.