Sukses

Jelang Akad Nikah, Ini Harapan Kaesang, Jokowi hingga Erina Gudono

Liputan6.com, Yogyakarta - Prosesi midodareni dalam rangkaian prosesi pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono berjalan lancar. Midodareni adalah tradisi malam melepas lajang, baik mempelai laki-laki maupun perempuan.

Kaesang, Erina maupun Presiden Joko Widodo tampak bahagia dalam acara itu.

Kaesang Pangarep mengungkapkan perasaan bahagianya, setelah dirinya dan Erina Gudono menjalani prosesi midodareni. Adapun acara tersebut digelar di kediaman Erina di Yogyakarta, Jumat (9/12/2022) malam.

"(Perasaan) Bahagia," ucap Kaesang singkat usai menjalani prosesi midodareni di Yogyakarta, Jumat (9/12/2022).

Midodareni sendiri merupakan prosesi atau tahapan terakhir sebelum Kaesang dan Erina melangsungkan akad nikah pada Sabtu, 10 Desember 2022. Midodareni menjadi malam terakhir bagi Kaesang dan Erina Gudono sebelum masa melepas masa lajang.

Bukan hanya Kaesang, Presiden Jokowi pun menyampaikan kebahagiannya melihat sang putra bungsu akan melepas masa lajang. Bahkan, kata dia, kebahagian turut dirasakan oleh keluarga besar.

"Seluruh keluarga besar tentu saja sangat senang sangat bahagia karena ini anak bungsu," ujar Jokowi di lokasi yang sama.

Diwawancarai wartawan, Erina Gudono tampak ditemani oleh keluarganya.

"Alhamdulillah, acara dari kemarin berjalan lancar, tanpa halangan apapun. Besok (akad nikah) mudah-mudahan juga lancar," kata Erina Gudono, saat diwawancarai wartawan, Jumat (9/12/2022).

Soal seserahan, Erina mengungkapkan sebagaimana umumnya seserahan, seperti kebutuhan sehari-hari dan sebagainya. Dia juga berharap agar prosesi pernikahan yang bakal berjalan dengan lancar.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Tilik Nitik

Selain acara midodareni, Jokowi menyampaikan kedatangannya beserta keluarga ke kediaman Erina untuk menyerahkan seserahan serta melakukan prosesi tilik nitik.

"Tadi yang boleh menengok Mbak Erina Gudono itu hanya Bu (Iriana) Jokowi yang lainnya enggak boleh. Mas Kaesang enggak boleh dan yang semuanya enggak boleh," jelas dia.

Sebagai informasi, Kaesang dan Erina Gudono akan melangsungkan akad nikah di Pendopo Royal Ambarrukmo Yogyakarta, Sabtu 10 Desember 2022. Selanjutnya, acara tasyakuran atau resepsi akan dilangsungkan di Pura Mangkunegaraan, Minggu 11 Desember 2022.

Total ada sekitar 6.000 tamu undangan yang akan menghadiri acara tasyakuran Kaesang-Erina. Tamu yang hadir terdiri dari, pejabat negara hingga masyarakat umum.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS