Sukses

5 Pemain Muda Terbaik Babak Grup Piala Dunia Qatar 2022

Liputan6.com, Jakarta - Babak penyisihan grup Piala Dunia Qatar 2022 telah berakhir. Sejumlah pemain terlihat tampil menonjol, menunjukan kualitasnya terbaiknya untuk tim nasional masing-masing.

Menjadi tim nasional untuk mewakili negaranya di Piala Dunia merupakan impian semua para pemain bola agar bisa bermain sepak bola, terutama generasi muda. Apalagi dengan umurnya yang masih muda mampu mendominasi tim dengan kualitas terbaiknya.

Biasanya, pemain tua yang lebih berpengalaman mengambil alih turnamen ini. Akan tetapi tak sedikit juga anak muda yang mulai bangkit menghadapi tantangan, Kylian Mbappe salah satu contoh pemain muda terbaik di Piala Dunia 2018.

Selain Mbappe, beberapa talenta muda tampil mengesankan di babak penyisihan grup Piala Dunia Qatar 2022, bahkan keberadaannya menjadi peran kunci untuk tim nasional mereka.

Berikut adalah daftar lima pemain muda terbaik di babak penyisihan grup Piala Dunia Qatar 2022 berdasarkan Whoscored.com.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 6 halaman

Gavi

Pemain muda asal klub Barcelona, Gavi menjadi salah satu pemain Spanyol yang paling mengesankan di Piala Dunia Qatar 2022 sejauh ini. Berperan sebagai gelandang, ia mendapat rating 7,17 dari tiga pertandingan yang ia mainkan untuk La Roja di fase grup kemarin.

Gavi bermain pada tiga pertandingan awal fase grup untuk negaranya di lini tengah bersama bintang Barcelona Pedro dan Sergio Busquets . Pemain yang baru berusia 18 tahun itu menjadi pemain termuda di negaranya dalam kompetisi sepak bola terbesar saat tampil melawan Kosta Rika.

Selain tampil apik, Gavi juga berhasil menyarangkan bola ke gawang lawan dalam laga tersebut hingga menjadikan dirinya sebagai pencetak gol termuda untuk negaranya dalam kompetisi dan termuda ketiga sepanjang masa.

Gavi bermain 90 menit penuh dalam pertandingan melawan Kosta Rika, bertahan selama 66 menit melawan Jerman dan bermain 68 menit saat kalah dari Jepang di laga terakhir fase grup. Kualitasnya yang sangat menonjol, jadi akan menjadi anak muda yang terus menjadi starter untuk La Roja di babak sistem gugur kompetisi.

3 dari 6 halaman

Enzo Fernandez

Gelandang asal Argentina yang masih berusia 21 tahun itu telah muncul sebagai pemain kunci bagi La Albiceleste dalam perburuan mereka untuk meraih mahkota Piala Dunia ketiga.

Gelandang yang bermain untuk klub Benfica ini melakukan debutnya di kompetisi tersebut saat Argentina kalah dari Arab Saudi dalam pertandingan pembuka mereka. Dia melangkah lebih jauh untuk membuat penampilan kedua melawan Meksiko, di mana dia mencetak gol spektakuler untuk timnya. Dia juga memberikan assist di game ketiga dan menjadikannya gelandang paling menentukan di negaranya.

Fernandez tampil dalam dua laga sebagai pemain pengganti di Piala Dunia 2022 sebelum mendapatkan start pertamanya melawan Polandia. Anak muda itu tampil mengesankan dalam ketiga penampilan untuk negaranya dan disebut-sebut akan mempertahankan peran awalnya di babak sistem gugur.

4 dari 6 halaman

Jude Bellingham

Gelandang Borussia Dortmund dan Inggris Jude Bellingham diperkirakan akan membuat kesan besar di Piala Dunia 2022. Pemain yang baru berusia 19 tahun itu menjadi salah satu pemain terbaik Three Lions di turnamen sejauh ini, dengan rating 7,47.

Bellingham baru-baru ini menjadi pemain kunci untuk negaranya, dan tampil menonjol di Qatar. Bellingham menjadi pemain berbakat saat ini dengan mencetak gol internasional pertamanya untuk kemenangan The Three Lions atas Iran. Dia juga tampil melawan AS dan Wales di pertandingan grup berikutnya.

Bellingham tampil sepanjang pertandingan saat Inggris membuka kampanye mereka dengan kemenangan yang telak. Anak muda itu diganti dalam pertandingan melawan AS dan menyelesaikan 90 menit lagi melawan Wales. Gelandang Borussia Dortmund ini akan terus memainkan peran penting bagi negaranya di Qatar.

5 dari 6 halaman

Jamal Musiala

Meskipun Jerman gagal lolos dari babak penyisihan grup untuk edisi Piala Dunia kedua berturut-turut, Jamal Musiala membuktikan kemampuannya di panggung terbesar sepak bola 2022. Pemain berusia 19 tahun itu diperkirakan akan bersinar di turnamen berikutnya bersama Jerman.

Musiala menjadi starter termuda Jerman di Piala Dunia 2022 dalam pertandingan melawan Jepang. Ia juga menjadi pemain termuda asal Jerman yang memberikan assist yang dicetak timnya melawan Spanyol. Remaja Bayern Munich itu adalah pemain negaranya yang paling mengesankan sepanjang babak penyisihan grup kompetisi.

Musiala tampil di ketiga pertandingan untuk Die Mannschaft saat mereka tersingkir dari kompetisi pada rintangan pertama. Remaja itu menyelesaikan 12 dribel saat melawan Kosta Rika, membuat rekor baru untuk dribel terbanyak oleh seorang remaja dalam pertandingan Piala Dunia.

6 dari 6 halaman

Bukayo Saka

Bukayo Saka telah menjadi salah satu sayap muda yang paling mengesankan. Pemain Arsenal ini membantu klubnya mencapai puncak liga dan membawa tim nasional Inggris ke Piala Dunia 2022.

Saka dipanggil menjadi tim nasional Three Lions untuk pertama kalinya di turnamen besar hingga langsung dimanfaatkannya dengan menampilkan permainan yang luar biasa. Pemain berusia 21 tahun itu mencetak dua gol dalam debutnya di Piala Dunia melawan Iran dan terpilih sebagai Man of the Match. Dia juga tampil di pertandingan kedua mereka melawan AS sebelum dia diistirahatkan di pertandingan terakhir mereka.

Saka bermain cukup mengesankan di Piala Dunia 2022 dan memainkan peran penting dalam membantu The Three Lions lolos ke 16 besar. Anak muda itu akan memainkan peran kunci jika Inggris ingin memiliki peluang memenangkan turnamen.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS