Sukses

Tak Hanya Gundala dan Sri Asih, Ini Deretan Superhero Indonesia dari Jagat Sinema Bumilangit

Liputan6.com, Yogyakarta - Mengawali proyek film Jagat Sinema Bumilangit, Gundala yang disutradarai Joko Anwar sudah lebih dulu hadir di layar kaca pada Agustus 2019. Deretan manusia super di Jagat Sinema Bumilangit pun dilanjutkan dengan kehadiran Sri Asih yang disutradarai Upi Avianto.

Sri Asih telah menghiasi layar kaca sejak pertengahan November 2022. Tak hanya Gundala dan Sri Asih, beberapa manusia super nantinya juga akan ditampilkan satu per satu.

Berikut deretan superhero Jagat Sinema Bumilangit:

1. Gundala (Abimana Aryasatya)

Gundala hadir untuk membuka Jagat Sinema Bumilangit. Gundala yang dikenal dengan nama Putra Petir diperankan oleh Abimana Aryasatya.

Memiliki nama kecil Sancaka, Gundala tumbuh menjadi superhero yang memerangi kejahatan. Sesuai namanya, ia memiliki kekuatan super berupa sambaran petir.

2. Sri Asih (Pevita Pearce)

Pevita Pearce terpilih untuk berperan menjadi Sri Asih. Sejak kecil ia memiliki kekuatan berbeda, tak seperti anak lainnya.

Kematian kedua orang tuanya membuat Alana, nama kecil Sri Asih, tinggal di panti asuhan. Ia kemudian diadopsi Sarita Hamzah yang diperankan Jenny Chang.

Alana tumbuh menjadi sosok petarung yang tak terkalahkan hingga akhirnya menerima kenyataan bahwa ia adalah penerus Dewi Asih. Sebelum dirinya, ada Nani Wijaya yang juga merupakan titisan Dewi Asih sebelum Sri Asih.

 

 

**Liputan6.com bersama BAZNAS bekerja sama membangun solidaritas dengan mengajak masyarakat Indonesia bersedekah untuk korban gempa Cianjur melalui transfer ke rekening:

1. BSI 900.0055.740 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)2. BCA 686.073.7777 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Godam

3. Godam (Chicco Jerikho)

Sosok Godam sudah ditampilkan di akhir film Sri Asih. Nantinya, Godam akan diperankan Chicco Jerikho.

Godam sebenarnya adalah Awang, yakni teman masa kecil Sancaka (Gundala). Godam diceritakan sebagai putra panglima perang yang gagal melakukan kudeta di planet yang bernama sama dengan namanya.

Karena kegagalan itu, bayi Godam terpaksa ditinggal oleh orang tuanya dan ditemukan oleh sekelompok penjahat. Ia pun dibesarkan oleh mereka dan tumbuh menjadi seorang petualang.

Godam dipersenjatai baju besi, jubah, dan cincin ajaib. Namun, karena melanggar sumpah, ia dihukum dengan dijebak di dalam cincin ajaibnya.

Cincin tersebut pun kemudian sampai ke tangan Awang, yakni seorang manusia dari bumi. Saat Awang memakai cincin tersebut, ia bisa berubah menjadi Godam.

4. Virgo (Zara Adhisty)

Zara Adhisty memerankan Virgo dan menjadi manusia super termuda di Jagat Sinema Bumilangit. Ia sebenarnya bernama Riani.

Kisahnya sebagai Virgo berawal dari percobaan ilmiah ayahnya. Ia pun akhirnya memiliki kekuatan super dan menjadi Virgo.

5. Tira (Chelsea Islan)

Tokoh Tira yang diperankan Chelsea Islan bernama asli Susie. Ia adalah seorang mahasiswa ahli seni bela diri.

Ketika mengenakan kostum berteknologi tinggi, Susie akan berubah menjadi Tira yang bersumpah melawan kejahatan dan ketidakadilan. Tira kerap ditemani sembilan roh naga.

Dengan bermeditasi, Tira dapat memanggil roh-roh tersebut. Roh ini kemudian bisa berubah menjadi sembilan raksasa yang berbeda.

 

3 dari 5 halaman

Merpati

6. Merpati (Tara Basro)

Sosok Wulan atau Merpati sudah bisa dilihat di film Gundala. Wulan diceritakan sebagai jurnalis cerdas dan tegas yang juga belajar seni bela diri.

Suatu hari, dia jatuh dari tebing saat sedang mencoba membantu ayahnya. Sebelum membentur tanah, ia diselamatkan sekumpulan burung merpati yang membawanya bertemu Ratu Merpati.

Ratu Merpati memerintahkan Wulan untuk menenggelamkan dirinya ke dalam ramuan ajaib. Wulan pun menjadi seorang pahlawan super bernama Merpati yang juga dikenal sebagai sosok yang dicintai Gundala.

7. Camar (Hannah Al Rashid)

Camar memiliki nama asli Motila. Sosok Camar juga sudah bisa dilihat di film Gundala.

Pada 1910, di sebuah pantai di Maluku, seorang prajurit desa melarikan diri dengan seorang gadis berdarah Belanda dari pengejaran tentara Belanda. Prajurit tersebut pun menciptakan seni bela diri unik yang disebut Camar.

Ia melatih keturunannya untuk berperang melawan koloni Belanda. Keturunan yang termuda, Motila, adalah sosok paling berbakat.

Motila pun menjadi manusia super bernama Camar. Ia melanjutkan warisan keluarganya dalam memerangi ketidakadilan.

8. Bidadari Mata Elang (Kelly Tandiono)

Model sekaligus aktris Kelly Tandiono akan memerankan karakter bernama Purnama Wulan Dewi Sartikawati alias Bidadari Mata Elang. Manusia super ini merupakan cucu Nyi Inggit 'Ular Sembilan'.

Bidadari Mata Elang dikenal sebagai prajurit wanita yang sangat menarik dan menggoda, tetapi sombong. Dalam perjalanannya di dunia seni bela diri, Bidadari Mata Elang dikenal sebagai oportunis yang tidak pernah memihak siapa pun.

 

4 dari 5 halaman

Mandala

9. Mandala (Joe Taslim)

Joe Taslim akan menjadi manusia super bernama Mandala di Jagat Sinema Bumilangit. Dalam komiknya, Mandala dibesarkan Nyi Nara Sati, yakni Ratu Setan Buaya Putih.

Mandala kemudian melarikan diri dan dilatih pamannya, Batara, yang dikenal sebagai prajurit bertangan satu. Mandala pun dikenal sebagai prajurit yang hebat, dihormati, dan ditakuti semua orang.

10. Aquanus (Nicholas Saputra)

Nicholas Saputra akan berperan sebagai Dhanus atau yang dikenal dengan nama manusia super Aquanus. Dhanus lahir di planet bernama zyba, yakni sebuah planet yang dihuni amfibi berbentuk manusia.

Dhanus pun dibesarkan di bumi hingga menjadi manusia super. Kediamannya, Pulau Berhala, kerap dijadikan tempat berkumpul teman-teman pahlawan supernya.

11. Cempaka (Vanesha Prescilla)

Cempaka adalah tarzan perempuan yang juga menjadi salah satu superhero Indonesia di Jagat Sinema Bumilangit. Ia dikenal dengan pakaian bermotif loreng harimau dan bersahabat dengan berbagai binatang hutan, seperti Sabor si macan kumbang dan Goro si gorilla.

 

5 dari 5 halaman

Mustika

12. Tatjana Saphira (Mustika Sang Kolektor)

Tatjana Saphira akan berperan sebagai Mustika Sang Kolektor. Namun, hingga saat ini belum ada keterangan lengkap untuk karakter Mustika Sang Kolektor. Bahkan, situs resmi BumiLangit Studios juga belum memuat profil manusia super ini.

13. Nani Wijaya (Najwa Shihab)

Sosok Nani Wijaya yang diperankan Najwa Shihab sudah terlihat dalam film Sri Asih. Ia merupakan pendahulu Sri Asih sekaligus titisan Dewi Asih pertama.

Ia bekerja sebagai investigator independen yang membawanya berkeliling dunia untuk menghentikan aksi para kriminal dan jejaring mafia global. Sebagai pendahulu Sri Asih, ia terhubung dengan para leluhur dan penerusnya, sehingga bisa memanifestasikan kekuatan jiwa ke dalam tubuh Sri Asih.

14. Dewi Asih (Maudy Koesnaedi)

Dewi Asih diperankan oleh Maudy Koesnaedi. Ia merupakan salah satu leluhur dari Jagat Sinema Bumilangit.

Dewi Asih digambarkan sebagai dewi kebaikan dan bagian dari hal-hal baik sebelum dunia manusia dimulai. Dalam film Sri Asih, Dewi Asih diceritakan berjanji menitiskan kekuatannya pada generasi-generasi lain untuk menjaga bumi dari ketidakadilan dan kejahatan.

15. Dewi Api (Dian Sastrowardoyo)

Dian Sastrowardoyo berperan menjadi Dewi Api dalam Jagat Sinema Bumilangit. Dewi Api muncul dalam film Sri Asih sebagai makhluk berapi yang menghantui Alana lewat mimpi buruk.

Suara Dewi Api juga beberapa kali terdengar ketika Alana kesulitan mengendalikan amarahnya. Dewi Api memiliki peran penting sebagai salah satu villain utama di Jagat Sinema Bumilangit.

Dewi Api juga merupakan musuh bebuyutan Dewi Asih di masa lalu sebelum dunia manusia dimulai. Dalam film Sri Asih diceritakan Dewi Api dikurung dalam Gunung Merapi.

Ia dapat dibangkitkan jika kelima panglimanya bersatu dan dapat menghancurkan bumi. Kehadiran Dewi Api menjadi musuh utama dan terkuat yang harus dihadapi para manusia super Jagat Sinema Bumilangit.

(Resla Aknaita Chak)

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS