Sukses

Kebakaran Melalap Pasar Masomba Palu, Puluhan Kios Pedagang Ludes

Liputan6.com, Palu - Kebakaran hebat melanda Pasar Masomba Palu, Rabu malam (30/11/2022). Sebanyak 4 unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan api yang melalap sejumlah kios di pasar tersebut.

Mobil pemadam kebakaran tersebut masing-masing dikerahkan ke empat arah bagian timur, barat, utara dan selatan untuk menjinakkan api yang melalap belasan kios yang terletak di tengah kawasan pasar tradisional di Kota Palu itu mulai sekitar pukul 21.00 Wita.

Keempat mobil tersebut bersama warga selama sekitar satu jam beroperasi akhirnya kobaran api yang sudah menghanguskan puluhan kios tersebut bisa padam, sehingga tidak menyebar ke kios-kios lain yang bersebelahan.

Pasar Masomba merupakan pasar tradisional terbesar kedua setelah Pasar Masomba yang ada di Kota Palu, terdapat lebih dari 1.000 unit kios/petak milik pedagang yang menjual berbagai kebutuhan konsumen, terutama bahan pangan, barang pecah belah dan pakaian.

Para petugas pemadam kebakaran bersama para pedagang dan warga sekitar berusaha menyiramkan air pada titik-titik kobaran api yang menghanguskan kios penjualan pakaian itu agar tidak menyebar lebih luas.

Sejumlah saksi mata di lokasi tersebut menjelaskan mereka tidak bisa memastikan sumber dan penyebab terjadi kebakaran Pasar Masomba.

Namun mereka menjelaskan bahwa kobaran api tersebut tampak muncul pada area kios yang berjualan barang pakaian.

"Kami tidak tahu persis awal kebakaran karena terjadi di dalam kawasan pasar yang sudah tutup di malam hari ini," ujar salah seorang pedagang yang berjualan di bagian pinggir kawasan pasar atau pinggir jalan lalulintas kendaraan.

 

 

**Liputan6.com bersama BAZNAS bekerja sama membangun solidaritas dengan mengajak masyarakat Indonesia bersedekah untuk korban gempa Cianjur melalui transfer ke rekening:

1. BSI 900.0055.740 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)2. BCA 686.073.7777 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Kebakaran Berulang

Saat peristiwa kebakaran tersebut, para pedagang di sekitar kios yang terbakar itu juga tampak panik dan berusaha mengangkut dan memindahkan barang mereka ke tempat yang aman dari titik lokasi kebakaran itu.

"Saat awal kejadian kebakaran itu kami langsung bergegas mengangkut dan memindahkan barang dagangan kami ke tempat yang aman," kata seorang pemilik kios.

Sampai saat ini belum diketahui dengan pasti penyebab kebakaran dan taksiran kerugian akibat musibah tersebut.

Sebelumnya pada 30 Maret 2022, kebakaran juga pernah melanda kawasan Pasar Masomda yang menghanguskan lebih dari 100 unit kios milik pedagang.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS