Sukses

Hari Disabilitas, Kota Bandung Gelar Job Fair Khusus Disabilitas 3 Desember 2022

Liputan6.com, Bandung - Dinas Sosial (Dinsos) Kota Bandung akan menggelar job fair atau bursa kerja khusus untuk disabilitas. Kegiatan tersebut akan digelar di Plaza Balai Kota Bandung, 3 Desember 2022 mendatang, dalam rangka memperingati Hari Disabilitas Nasional.

Kepala Dinsos Kota Bandung, Soni Bakhtiyar, menyampaikan, acara bursa kerja itu hasil kolaborasi antara Dinsos Kota Bandung bersama Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Bandung.

Adapun lowongan yang tersedia di bursa kerja disabilitas nanti antara lain di perusahaan swasta yang tergabung dalam PHRI Kota Bandung, toko ritel, toko modern, serta mal yang ada di Kota Bandung.

“Para disabilitas kita libatkan dalam menjalankan amanat undang-undang. Ada lapangan kerja satu persen untuk para disabilitas untuk perusahaan swasta,” katanya dalam agenda Bandung Menjawab, Rabu (30/11/2022).

 

 

**Liputan6.com bersama BAZNAS bekerja sama membangun solidaritas dengan mengajak masyarakat Indonesia bersedekah untuk korban gempa Cianjur melalui transfer ke rekening:

1. BSI 900.0055.740 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)2. BCA 686.073.7777 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Jumlah Tenaga Kerja Disabilitas Sedikit

Jumlah pekerja disabilitas di Kota Bandung diakui masih terbilang rendah. Pemerintah maupun perusahaan swasta pun memiliki kewajiban untuk menyediakan lapangan kerja yang memadai bagi kelompok khusus tersebut.

Catatan Dinas Sosial, jumlah disabilitas di Kota Bandung terhitung lebih dari 8.600 jiwa, tapi baru sekitar 5.500 jiwa di antaranya yang sudah masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Sebagian besar dari jumlah tersebut, katanya, berada di usia produktif.

"(Jumlah pekerja disabilitas) masih kecil," kata Soni.

Merujuk data dari Disnaker Kota Bandung mencatat saat ini ada 159 disabilitas yang tersebar di 68 perusahaan di Kota Bandung.

Soni berharap, para disabilitas dapat memiliki semangat juang dan berdaya saing sehingga tumbuh menjadi pribadi yang unggul.

“Disabilitas punya potensi dan kemampuan yang sama,” ia menandaskan.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS