Sukses

Karen Diaz Medina, dari Kedai Kopi Jadi Asisten Wasit Piala Dunia 2022

Liputan6.com, Yogyakarta - Karen Diaz Medina merupakan satu dari enam wasit wanita di Piala Dunia 2022. Saat ini, ia bertugas sebagai asisten wasit.

Wanita yang memiliki nama lengkap Karen Janett Diaz Medina ini lahir 10 November 1984, di Aguascalientes, Meksiko. Mengutip dari situs resmi Concacaf, karir Karen dimulai dari kedai kopi di Little Sports Center.

Saat itu, ia ditunjuk sebagai wasit pengganti karena wasit Piala Dunia 2022 yang seharusnya memimpin tidak hadir. Saat mendapat tawaran tersebut, ia tak berpikir panjang dan langsung setuju.

Ia mengaku sangat menyukai dan menikmati pengalamannya saat menjadi wasit. Sejak saat itulah, ia sering terlibat dalam memimpin pertandingan.

Hasil yang ia dapat dari pekerjaannya sebagai wasit pun ia gunakan untuk membayar kuliah. Perjalanannya menjadi wasit terus berlanjut hingga akhirnya ia kini menjadi wasit dari Konfederasi Sepak Bola Amerika Utara, Tengah, dan Karibia (Concacaf).

Wanita yang menjadi asisten wasit Piala Dunia Qatar ini mendapatkan sertifikasi sebagai asisten wasit FIFA pada 2018. Sepanjang karirnya sebagai asisten wasit, ia telah bertugas di beberapa turnamen, salah satunya di Kejuaraan Wanita U-17 di Managua.

Sementara di Nikaragua, ia juga menjadi asisten wasit di Liga Concacaf Scotiabank dan Kejuaraan U-20 pria di Bradenton Florida. Ia juga sempat bertugas pada Kualifikasi Olimpiade Wanita 2020 di Houston, Texas.

Saat ini, ia bertugas menjadi salah satu dari tiga sebagai asisten wasit wanita di Piala Dunia 2022 Qatar bersama Neuza Back dan Kathryn Nesbitt. Adapun tiga wanita lainnya bertugas sebagai wasit utama di Piala Dunia 2022 Qatar, yakni Stephanie Frappart, Salima Mukansanga, dan Yoshimi Yamashita.

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

Saksikan video pilihan berikut ini:

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS