Sukses

Tagar RIP Twitter Trending, Ini 4 Aplikasi Pengganti Jika Twitter Tutup

Ada beberapa aplikasi pengganti Twitter yang bisa digunakan

Liputan6.com, Yogyakarta - Tagar RIP Twitter trending setelah isu mengenai tutupnya aplikasi media sosial Twitter mencuat. Isu ini terdengar setelah diketahui ada PHK karyawan besar-besaran di tubuh perusahaan.

Hal tersebut semakin diperjelas dengan adanya cuitan dari akun Twitter @PopCrave. Akun Twitter tersebut menulis, "Twitter users prepare for the platform to possibly go offline after a sudden, temporary closing of all company buildings (Pengguna Twitter bersiap untuk kemungkinan tutupnya platform ini secara tiba-tiba, penutupan sementara semua gedung perusahaan)".

Namun, bagi pengguna Twitter tak perlu khawatir. Ada beberapa aplikasi pengganti Twitter yang bisa digunakan. Apa saja?

1. Bluesky

Mantan CEO Twitter, Jack Dorsey, tengah membangun sebuah platform jejaring sosial yang mirip dengan Twitter. Platform tersebut diberi nama Bluesky .

Saat ini, layanan Bluesky sedang dalam tahap pengujian beta sebelum diluncurkan secara global. Sebenarnya, Bluesky didirikan pada 2019 sebagai inisiatif nirlab. 

Perusahaan ini independen dari Twitter dan disebut memiliki perbedaan dari aplikasi yang dibeli Elon Musk itu. Disebutkan pula bahwa jejaring sosial ini bebas dari pengaruh pemerintah. 

Hingga saat ini, tidak ada tanggal pasti kapan Bluesky akan mulai diluncurkan. Namun, Bluesky terbuka untuk siapapun yang ingin mendaftarkan diri sebagai 'waiting list' melalui laman bsky.app.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mastodon

2. Mastodon

Mastodon merupakan jejaring sosial terdesentralisasi asal Jerman yang diluncurkan pada 2016. Mastodon dikembangkan oleh sebuah organisasi nirlaba Jerman yang dipimpin Rochko yaitu Mastodon gGmbH.

Sebagai aplikasi terdesentralisasi di bawah organisasi nirlaba, Mastodon menjadi platform yang mengutamakan keuntungan publik, bukan pemegang saham. Hal ini juga yang menjadi salah satu alasan mengapa banyak yang tertarik menggunakannya.

Cara menggunakan Mastodon sedikit berbeda dengan Twitter. Mastodon dirancang seperti sistem e-mail dan Discord, sehingga terkesan lebih rumit.

3. Reddit

Reddit adalah situs berbagi sosial yang bisa mengirimkan tautan, gambar, dan teks, yang kemudian dapat dipilih oleh semua orang. Reddit merupakan situs yang sangat besar dan terbagi menjadi ribuan komunitas kecil yang disebut subreddit.

Subreddit hanyalah platform yang dikhususkan untuk topik tertentu. Pengguna bisa berkomentar atau memberikan dukungan terhadap suatu postingan dengan menekan tombol panah ke atas atau ke bawah.

Sayangnya, Reddit telah diblokir di Indonesia sejak 2015 lalu karena isu pornografi. Namun, kamu masih bisa mengakses platform ini dengan menggunakan VPN dan Proxy Web.

4. Helo

Helo merupakan aplikasi media sosial terbaru yang memungkinkan penggunannya untuk menemukan jutaan konten menarik serta berita terkini. Bisa dikatakan bahwa Helo adalah sebuah one stop platform yang memuat segala kebutuhan aktivitas sosial.

Pengguna bisa memberikan 'suka' pada unggahan, berkomentar, me-repost, mengunduhnya, hingga membagikannya ke platform lain. Aplikasi ini juga disebut mirip dengan TikTok.

(Resla Aknaita Chak)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.