Sukses

Profil Pesepakbola Sandy Walsh yang Punya Keturunan Indonesia

Sandy Walsh merupakan seorang pemain sepakbola yang sangat ingin membela Timnas Indonesia.

Liputan6.com, Bandung - Dua pemain Timnas Indonesia, Sandy Walsh dan Jordi Amat tengah dalam proses menuju naturalisasi Warga Negara Indonesia (WNI). Proses naturalisasinya bahkan telah ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo pada Rabu (9/11/2022) lau.

Keduanya kini tinggal mengucap sumpah menjadi WNI. Sandy Walsh sendiri merupakan seorang pemain sepakbola yang sangat ingin membela Timnas Indonesia.

Hal itu karena kedekatannya dengan sang kakek yang lahir di Indonesia. Sandy juga mempunyai mimpi untuk bisa memperkuat Timnas ke depannya.

Adapun kabar naturalisasi tersebut juga dibagikan oleh Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan di Instagram. Iwan menyebut bahwa Presiden Joko Widodo telah menandatangani berkas persyaratan WNI untuk Sandy Walsh dan Jordi Amat.

Keduanya saat ini menunggu jadwal dari Kemenkumham mengenai pengambilan sumpah sebagai WNI dari Sandy dan Jordi.

"Alhamdulillah, penantian itu akhirnya terjawab lewat kabar baik untuk kita semua. Bapak Presiden @Jokowi telah menandatangani berkas persyaratan sebagai WNI bagi Sandy Walsh dan Jordi Amat,” tulis akun Instagram @mochamadiriawan84.

Sandy Walsh dan Jordi Amat pun mempunyai waktu selama 10 hari untuk mengucap sumpah tersebut menjadi WNI untuk bisa mewujudkan impiannya dalam membela Timnas. Keduanya juga menjadi pemain yang diprediksi bisa membuat Timnas menjadi lebih kuat.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Lahir di Belgia

Sandy Walsh lahir pada 14 Maret 1995 di Brussel, Belgia. Sebelumnya, ia mempunyai kewarganegaraan Belanda dan sedang naturalisasi untuk menjadi WNI. Ayahnya merupakan keturunan Irlandia dan ibunya dilahirkan dari orang tua asal Indonesia.

Sandy juga sudah memulai kariernya sebagai pemain sepakbola sejak remaja ketika membela Anderlecht sampai 2021.

Kemudian Sandy direkrut KRC Genk dan tembus ke tim senior. Dia pun berhasil untuk bisa membangun citranya sebagai bek kanan dan tampil 75 di semua kompetisi dengan mencetak dua gol dan enam assist.

3 dari 3 halaman

Timnas Yunior Belanda

Pada 2017, Sandy pindah ke Zulte Waregem dengan memainkan 80 pertandingan sampai mencetak tiga gol serta empat assist. Adapun di pada 2020, Sandy pun kembali berkarier di KV Mechelen dan bermain 45 laga dengan menyumbang lima gol serta tujuh assist.

Sandy Walsh juga sempat bermain bersama Timnas Belanda mulai dari U-15, U-16, U-17, U-18, U-19 dan U-20. Laga terakhirnya ketika bermain bersama Timnas Belanda U-20 dan hanya bermain setengah babak, timnya pun kalah dengan skor dari 1-0.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.