Sukses

Gang Genderuwo di Kulon Progo, Jalan Tikus Menuju Bandara YIA yang Bikin Bergidik

Liputan6.com, Yogyakarta - Cerita mistis mengenai keberadaan Gang Genderuwo atau Gendruwo di Kabupaten Kulon Progo tengah ramai menjadi perbincangan netizen. Kesan angker dan 'dingin' sangat terasa saat melewati jalan yang berada di dekat Yogyakarta International Airport (YIA) ini.

Dikutip dari berbagai sumber, jalan ini sebenarnya merupakan jalur alternatif menuju dusun-dusun di sekitarnya. Meski begitu, jalan altefnatif ini tergolong sepi dan tak ramai dilewati warga setempat.

Gang Genderuwo memiliki lebar sekitar 2 meter dengan panjang jalan mencapai 200 meter. Jalan itu membelah pekarangan yang banyak ditumbuhi pohon pisang, kelapa, bambu, dan semak belukar.

Tidak terlihat adanya permukiman penduduk di sepanjang gang ini. Adanya, sebuah bangunan rumah kuno yang diketahui sudah kosong sejak 6 tahun belakangan usai ditinggal pemiliknya.

Penamaan genderuwo sebagai nama jalan alternatif ini memiliki cerita tersendiri. Konon, banyak warga kerap mengalami kejadian mistis, bahkan ada yang mengaku pernah diperlihatkan sosok genderuwo di sekitar lokasi tersebut.

Kejadian yang sudah berlangsung puluhan tahun silam itu menjadi rahasia umum yang terus diperbincangkan lintas generasi di kawasan Gang Genderuwo berada. Kuatnya narasi mistis terkait gang ini membuat warga berinisiatif untuk menamainya dengan sebutan Genderuwo.

Rumah satu-satunya yang tersisa di Gang Genderuwo pernah disewa untuk dihuni pekerja proyek bandara. Pemilik rumah tersebut mengungkap para pekerja itu mendapat gangguan tak kasat mata saat berada di rumahnya.

Gangguan yang paling sering dialami para perkeja bandara tersebuat adalah munculnya suara-suara saat malam hari. Bukan hanya itu, kerap terdengar ketukan di pintu dan jendela saat menjelang tengah malam.

Selalu terdengar ketukan jendela pada pukul 21.00 WIB, tetapi saat dicek tidak ada sosok yang menimbulkan suara tersebut. Cerita yang paling terkenal adalah kisah tukang bakso ditipu alias kena prank sosok diduga makhluk halus di Gang Genderuwo itu.

Kejadian itu terjadi saat seorang tukang bakso diberhentikan seorang ibu-ibu yang mengaku tinggal di dalam gang angker ini. Sang pembeli bahkan memesan 5 mangkok bakso dan meminta tukang bakso tersebut mengantarnya.

Namun, saat tukang bakso tersebut mencari keberadaan rumah ibu yang memesan bakso tadi, rumah tersebut ternyata telah lama kosong.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS