Sukses

Patung Wisnu Murti Diresmikan, Jadi Kebanggaan Warga Tabanan

Patung Wisnu Murti ini dibuat oleh seorang Pematung maestro asli putra Tabanan I Nyoman Sudarwa, yang berasal dari Desa Penarukan, Kerambitan

Liputan6.com, Bali - Bupati Tabanan Bali I Komang Gede Sanjaya meresmikan Patung Wisnu Murti di Catus Pata Kediri, Tabanan pada Jumat 23 Desember 2022.

“Proses pembangunan dari awal sampai akhir dipenuhi dengan semangat dan kekompakan dari seluruh pihah yang terlibat, ini patut diapresiasi., Ini merupakan sebuah ikon yang ditunggu-tunggu masyarakat Tabanan,” ujar Bupati Sanjaya.

Peresmian diawali dengan upacara mendem pedagingan dan batu permata di sisi Barat patung oleh Sanjaya didampingi Penglingsir Puri Kediri, di sisi Timur dilakukan oleh Wakil Bupati Tabanan, I Made Edi Wirawan didampingi Penglingsir Puri Kaler Kediri. Kemudian di sisi Utara dilakukan oleh Ketua DPRD Tabanan didampingi Bendesa Adat Kediri, serta di sisi Selatan dilakukan oleh Sekda Tabanan didampingi Bendesa Adat Banjar Anyar.

Setelah prosesi mendem pedagingan dan batu permata, Sanjaya beserta jajaran sembahyang bersama yang dipuput oleh Ida Pedanda Putra Grya Perean Banjar Panti, sekaligus meresmikan Patung Wisnu Murti yang ditandai dengan penandatangan Prasasti.

Patung Wisnu Murti ini dibuat oleh seorang Pematung maestro asli putra Tabanan I Nyoman Sudarwa, yang berasal dari Desa Penarukan, Kerambitan, yang karyanya telah menghiasi banyak sudut penting di Pulau Bali, bahkan sampai di Amerika Serikat.

Sanjaya menambahkan, berdirinya Patung Wisnu Murti telah memberikan kebanggaan bagi semua.

“Astungkara, dengan terbangunnya kembali Patung Wisnu Murti, akan membawa kesejahteraan bagi masyarakat Tabanan, terutama Kediri, karena Catus Pata ini merupakan tempat yang sangat disakralkan oleh kita umat Hindu," jelasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Aspirasi Warga

 

Sementara itu, Kadis PUPR Kabupaten Tabanan Made Dedy Darmasaputra menambahkan, pembangunan Patung Wisnu Murti ini merupakan aspirasi dari masyarakat Desa Adat Banjar Anyar dan Kediri yang mendapat apresiasi penuh dari Bupati dan jajaran.

“Dimana pembangunan patung bersumber dari APBD Kabupaten Tabanan yang dilaksanakan oleh CV. Yuda Utama selama 4 bulan dari September sampai bulan Desember,” ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.