Sukses

Resep Praktis Goreng Uyah, Buah Tangan Khas Brebes dari Bawang Merah

Liputan6.com, Jakarta - Bawang merah merupakan bumbu dapur yang selalu ada dalam setiap makanan. Mulai dari bahan pembuatan sambal matah, sayuran, tumisan, dan campuran di makanan berkuah.

Ternyata, bawang merah ini bisa jadi makanan khas di sebuah kota di Jawa Tengah, Brebes!

Brebes tidak hanya terkenal dengan telur asinnya saja, tetapi Brebes juga dikenal dengan penghasil bawang merah. Tanah yang subur menjadikan Brebes sebagai kota yang cocok untuk ditanami bawang merah.

Bawang merah yang dihasilkan oleh kota Brebes berbeda dengan yang kota lain. Dari cara menanam, dan cara memberikan pupuknya membuat bawang merah Brebes memiliki segi bentuk dan kualitas yang berharga. Sehingga, bawang merah sering jadi buah tangan khas Brebes.

Di beberapa daerah Brebes, bawang merah dapat dibuat menjadi bawang goreng, sebutannya yaitu goreng uyah. Nah, tahukah kamu apa itu goreng uyah?

Jika dalam Bahasa Sunda, goreng uyah berarti garam yang digoreng. Namun, goreng uyah khas Brebes ini merupakan bawang goreng yang dibuat dengan cara berbeda dari bawang goreng biasanya.

Biasanya bawang goreng dibuat dengan cara digoreng tanpa memasukkan bumbu apapun. Berbeda dengan goreng uyah khas Brebes ini.

Lalu, bagaimana cara membuat goreng uyah khas Brebes? Simak caranya berikut ya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Resepnya

1. Pertama, kita kupas bawang merah dari kulitnya.

2. Cuci bawang merah agar bersih dari obat-obatan tani maupun tanah yang masih menempel.

3. Ambil baskom yang diisi air secukupnya.

4. Kemudian, iris tipis-tipis bawang merah agar hasil dari bawang goreng terasa lebih gurih.

5. Setelah itu, buat bumbu goreng uyahnya terlebih dulu. Jadi yang membedakan bawang goreng biasa dengan goreng uyah terletak pada bumbunya.

Ulek bawang putih, cabai, terasi, kemiri, garam, bumbu penyedap, dan gula pasir secukupnya sampai halus.

6. Pisahkan bawang merah tadi dengan air, kemudian goreng tanpa ada tambahan bumbu.

7. Kemudian kita tunggu bawang merahnya hingga agak kecoklatan atau setengah matang, lalu kita masukkan bumbu halus yang sudah diulek.

8. Jangan lupa untuk membolak-balikan bawang merah nya agar tidak gosong.

9. Setelah matang, angkat dan tiriskan.

10. Goreng uyah atau bawang goreng siap disantap dengan hidangan apapun. Bahkan goreng uyah  ditambah dengan nasi panas pun sudah terasa nikmat.

Nah itulah resep goreng uyah khas daerah Brebes yang wajib kalian coba. Selamat memasak!

(Fathia Uqimul Haq)

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS